PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MENGIDENTIFIKASI ALAT PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN MAKANAN DAN KESEHATAN KELAS V SDN TEMPUREJO 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NANDA GRENDINATASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0426

Abstract

ABSTRAK Nanda grendinatasari: PengaruhModelStudent Facilitator And Explaining (SFE)TerhadapKemampuanMengidentifikasiFungsi Organ PencernaanManusiadanHubungannyadenganMakanandanKesehatanKelas V SDN Tempurejo 1 Kediri Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa mata pelajaran ipa terutama materi mengidentifikasi fungsi porgan pencernaan manusia di SD masih diajarkan dengan cara konvensional yaitu guru lebih banyak ceramah ketika menyampaikan materi pelajaran dan materi yang disampaikan tidak dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari siswa sehingga siswa mudah lupa terhadap materi yang disampaikan selain itu media yang digunakan masih bersifat abstrak sehingga sulit dipahami oleh siswa dengan taraf berfikir yang masih konkret.Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran konvensional tanpa didukung media gambar torso terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan Kelas V SDN Tempurejo 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017?(2) Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) didukung media gambar torso terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan Kelas V SDN Tempurejo 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017?(3) Apakah ada perbedaan kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) didukung media gambar torso dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Konvensional tanpa didukung media gambar torso pada siswa kelas V SDN Tempurejo 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian quasi experimental design dan pendeketan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Tempurejo 1, yaitu siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V B sebagai kelas eksperimen kemudian kedua kelas diberikan 2 tes yaitu pretest dan posttest. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Adanya pengaruh model pembelajaran konvensional tanpa didukung media gambar torso terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan pada siswa kelas V SDN Tempurejo I Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.(2)Adanya pengaruh model Student Facilitator And Explaining (SFE) dengan didukung media gambar torso terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan pada siswa kelas V SDN Tempurejo I Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Dinyatakan telah memenuhi standart nilai KKM 75,00 terbukti dari hasil rata-rata nilai pretest 60,38 dan posttest 85,19. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terbukti dari hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 85,19 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu 74,03 selain itu berdasarkan hasil analisis uji t dengan menggunakan independent sample test, sign 2-tailed 0,000 ? 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE), Media gambar torso, Kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI