PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS DISCOVERY UNTUK MENINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PENGARUH ENERGI PANAS, GERAK, DAN GETARAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS III SEMESTER 2 TAHUN TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MEYLINA RATNA SUMINAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0425

Abstract

Abstrak Meylina Ratna Suminar: Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pengaruh Energi Panas, Gerak Dan Getaran Dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas III Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil analisis buku ajar yang digunakan di SDN Manggis 1 dan SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri. Hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa LKS yang digunakan materi meluas dan sedikit gambar yang mendukung pemahaman siswa. Kegiatan Praktikum yang terdapat pada LKS kurang meningkatkan berpikir kritis siswa Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis discovery untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pengaruh energi panas, gerak dan getaran dalam kehidupan sehari-hari kelas III semester 2 tahun ajaran 2016/2017 yang baik. (2) Mengetahui efektifitas bahan ajar pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis discovery untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pengaruh energi panas, gerak dan getaran dalam kehidupan sehari-hari kelas III semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), subjek penelitian siswa kelas III SDN Manggis 1 Kabupaten Kediri dan SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli desain LKS , validasi ahi materi IPA, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan post test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pengembangan LKS IPA didesain dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa kelas III, sehingga dalam pembuatan LKS terdapat materi yang sesuai, dan terdapat gambar yang mendukung pemahaman siswa serta terdapat praktikum dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. (2) efektifitas LKS dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunaakan LKS yang dikembangkan mencapai 95% dan berdasarkan hasil respon guru mencapai 90% positif dan respon siswa mencapai 99% positif Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan adanya pengembangan LKS ini adalah untuk memperbaiki kualitas bahan ajar agar sesuai dengan SK dan KD dan dapat menunjang pembelajaran agar lebih baik karena tercipta pembelajaran yang menyenangkan. (2) LKS yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif digunakan pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Pengembangan, LKS, Berbasis Discovery, energi panas gerak dan getaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI