PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN BERBAGAI ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA SEMESTER 2 KELAS IV SDN BURENGAN 2KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AWANDA DEVINA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0424
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih menggunakan metode ceramah dan akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa tanpa menggunakan model pembelajaran word square pada materi menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan belajar siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran word square pada materi menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya tahun ajaran 2015/2016 (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap materi menjelaskan energi alternatif dan cara penggunaannya siswa kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 ?.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa kelas IV pada materi menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya tanpa menggunakan model pembelajaran word square menghasilkan percent 30,9%. (2) Kemampuan siswakelas IV pada materi berbagai energy alternative dan cara pennggunaannya dengan menggunakan model pembelajaran word square menghasilkan percent 82,4%. (3) Setelah diketahui bahwa Thitung>Ttabel 5% yaitu 10,891 > 1,990, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran dan cara penggunaanya kelas IV semester 2 SDN Burengan 2.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Tanpa penggunaan model pembelajaran word square berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan energy alternative dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. (2) Dalam penggunaan model pembelajaran word square berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan energy alternative dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. (3) Ada pengaruh antara penggunaan model pembelajaran word square dibanding yang tanpa menggunakan model pembelajaran word square terhadap kemampuan menjelaskan energy alternative dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri.
KATA KUNCI :Word Square