Pengembangan Media Audio Instrumen Musik Sebagai Media Pendukung Drama dalam Materi Memerankan Tokoh Drama dengan Lafal, Intonasi, dan Ekspresi yang Tepat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Sanan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DYANING TYAS UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0423

Abstract

ABSTRAK Dyaning Tyas Utami: Pengembangan Media Audio Instrumen Musik Sebagai Media Pendukung Drama dalam Materi Memerankan Tokoh Drama dengan Lafal, Intonasi, dan Ekspresi yang Tepat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Sanan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016 / 2017. Kata Kunci: Media, Audio, Memerankan Tokoh Drama. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar siswa dalam materi memerankan tokoh drama di Sekolah Dasar yang dilakukan dengan biasa saja, yaitu siswa hanya diminta untuk membaca teks drama. Kegiatan pembelajaran yang seperti itu kurang diminati oleh siswa, sehingga membuat siswa malas untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu proses pembelajaran tersebut mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang serius saat pembelajaran materi memerankan tokoh drama. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kevalidan hasil pengembangan media audio instrumen musik ini. (2) Bagaimana kemampuan memerankan tokoh drama dengan menggunakan media audio instrumen musik ini. (3) Bagaimana keefektifan hasil pengembangan media audio instrumen musik ini. (4) Bagaimana kemenarikan hasil pengembangan media audio instrumen musik ini. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan pendekaan Kualitatif. Subyek peneltian dilakukan pada siswa kelas V SDN Sanan Kec. Pakel Tulungagung. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah tes dan non tes, yaitu berupa unjuk kerja dan angket. Subyek peneltian dilakukan pada siswa kelas V SDN Sanan Kec. Pakel Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan rumus yang telah diadaptasi dari Hobri. Hasil dari penelitian pengembanagan ini adalah (1) Media audio instrumen musik yang dikembangkan sudah valid. (2) Kemampuan memerankan tokoh drama menggunaka media audio instrumen musik ini sudah baik. (3) Media audio instrumen musik yang dikembangkan sudah efektif. (4) Media audio instrumen musik yang dikembangkan merupakan media yang menarik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian dari para ahli yaitu ahli materi dan ahli media, praktisi yaitu guru, dan siswa. Adapun hasil pengujian kevalidan dari ahli materi yaitu 4 dengan hasil valid dan revisi kecil, pengujian kevalidan oleh ahli media dengan hasil 4,1 penilaian ini masuk dalam kategori valid, dengan pengadaan revisi kecil, penilaian oleh praktisi mendapatkan nilai keefektifan 4 kategori efektif dengan pengadaan revisi kecil, dan kemenarikan media 4,75 kategori valid dengan pengadaan revisi kecil. Adapun hasil penilaian dari kemampuan memerankan drama dengan rata-rata kelas 77,5 dikatakan valid karena melampaui nilai KKM yaitu 70. Penilaian dari siswa aspek keefektifan 4,32 kategori valid dengan pengadaan revisi kecil dan kemenarikan media 4,27 kategori valid dengan pengadaan revisi kecil.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI