Pengembangan Media Audio Instrumen Musik Sebagai Media Pendukung Drama dalam Materi Memerankan Tokoh Drama dengan Lafal, Intonasi, dan Ekspresi yang Tepat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Sanan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017
Author (Penulis)
DYANING TYAS UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0423
Abstract
ABSTRAK
Dyaning Tyas Utami: Pengembangan Media Audio Instrumen Musik Sebagai
Media Pendukung Drama dalam Materi Memerankan Tokoh Drama dengan
Lafal, Intonasi, dan Ekspresi yang Tepat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas
V SDN Sanan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016 / 2017.
Kata Kunci: Media, Audio, Memerankan Tokoh Drama.
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar siswa
dalam materi memerankan tokoh drama di Sekolah Dasar yang dilakukan dengan
biasa saja, yaitu siswa hanya diminta untuk membaca teks drama. Kegiatan
pembelajaran yang seperti itu kurang diminati oleh siswa, sehingga membuat
siswa malas untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu proses pembelajaran
tersebut mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang serius saat pembelajaran
materi memerankan tokoh drama.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana
kevalidan hasil pengembangan media audio instrumen musik ini. (2) Bagaimana
kemampuan memerankan tokoh drama dengan menggunakan media audio
instrumen musik ini. (3) Bagaimana keefektifan hasil pengembangan media audio
instrumen musik ini. (4) Bagaimana kemenarikan hasil pengembangan media
audio instrumen musik ini. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan
pendekaan Kualitatif. Subyek peneltian dilakukan pada siswa kelas V SDN Sanan
Kec. Pakel Tulungagung. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah tes dan non
tes, yaitu berupa unjuk kerja dan angket. Subyek peneltian dilakukan pada siswa
kelas V SDN Sanan Kec. Pakel Tulungagung. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan rumus yang telah diadaptasi
dari Hobri.
Hasil dari penelitian pengembanagan ini adalah (1) Media audio instrumen
musik yang dikembangkan sudah valid. (2) Kemampuan memerankan tokoh
drama menggunaka media audio instrumen musik ini sudah baik. (3) Media audio
instrumen musik yang dikembangkan sudah efektif. (4) Media audio instrumen
musik yang dikembangkan merupakan media yang menarik.
Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian dari para ahli yaitu ahli materi
dan ahli media, praktisi yaitu guru, dan siswa. Adapun hasil pengujian kevalidan
dari ahli materi yaitu 4 dengan hasil valid dan revisi kecil, pengujian kevalidan
oleh ahli media dengan hasil 4,1 penilaian ini masuk dalam kategori valid,
dengan pengadaan revisi kecil, penilaian oleh praktisi mendapatkan nilai
keefektifan 4 kategori efektif dengan pengadaan revisi kecil, dan kemenarikan
media 4,75 kategori valid dengan pengadaan revisi kecil. Adapun hasil penilaian
dari kemampuan memerankan drama dengan rata-rata kelas 77,5 dikatakan valid
karena melampaui nilai KKM yaitu 70. Penilaian dari siswa aspek keefektifan
4,32 kategori valid dengan pengadaan revisi kecil dan kemenarikan media 4,27
kategori valid dengan pengadaan revisi kecil.