PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA IPA KELAS V SDN PERNING 2 KECAMATAN JATIKALEN KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

FRANKY HADI FERDINAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0422

Abstract

ABSTRAK Franky Hadi Ferdiana: Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya IPA kelas V SDN Perning 2 Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017 Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasart idak dapat disampaikan hanya dengan mengandalkan metode ceramah. Penggunaan metode ceramah tanpa didukung metode dan media lain yang mampu melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran akan mematikan kreativitas siswa.Bertolak dari keadaan tersebut maka peneliti menggunakan model number head together dengan pendekata saintifik pada pembelajaran IPA dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model Numbered Head Together dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya IPA kelas V SDN Perning kecamatan Jatikalen kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2016/2017? (2) Adakah pengaruh model Numbered Head Together tanpa menggunakan pendekatan saintifik terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya IPA kelas V SDN Perning Kecamatan jatikalen Nganjuk tahun ajaran 2016/2017? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model Numbered Heads Thogether (NHT) dengan pendekatan Saintifik dan tanpa Saintifik terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya IPA kelas V SDN Perning 2 Jatikalen Nganjuk? Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Penggunaan model Numbered Head Together dengan menggunakan Pendekatan Saintifik terhadap kemampuan medeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Perning 2. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil analisis data diperoleh dari sig.2- tailed sebesar ,0000<0,05. (2) penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together tanpa pendekatan saintifik terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Perning 2. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil dari analisis data sig.2-tailed .0000<0,05. (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara pengunaan model numbered head together dengan pendekatan saitifik dan tanpa pendekatan saintifik terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V sdn Perning kecamatan jatikalen kabupaten nganjuk tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut diperoleh dari sig2-tailed sebesar0,01<0,05 sangat signifikan Kata kunci: model Numbered Head Together(NHT), Pendekatan saintifik, kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade