PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA FLASH MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI KALIOMBO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

SHINTA JULIA CITRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0420

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa minat atau ketertarikan pada pelajaran matematika sangat minim sekali. Akibatnya berdampak pada pembelajaran yang pasif, monoton, membosankan, dan hasil belajar yang kurang maksimal. Selain itu juga kurang pemberdayaan fasilitas yang terdapat di sekolah salah satunya adalah LCD. Permasalahan pada penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Bagaimana pengembangan multimedia interaktif dengan macromedia flash dalam menunjang hasil belajar peserta didik materi sifat-sifat bangun ruang sederhana? (2) Bagaimana kualitas multimedia interaktif dengan macromedia flash menunjang materi sifat-sifat bangun ruang sederhana jika dilihat dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan? Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash materi sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas V SD. Subjek yang digunakan sebagai sampel penelitian dan pengembangan adalah SD Negeri Kaliombo Kota Kediri. Jenis penelitian dan pengembangan ini adalah R&D (Research and Development) dengan mengikuti sepuluh prosedur atau tahapan dari Borg and Gall. Kesepuluh tahapan tersebut disederhanakan menjadi 4 tahapan. Hasil data penelitian media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash materi sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas V dikatakan valid, praktis, dan efektif setelah melalui tahapan validasi dari ahli materi, ahli media, dan hasil uji coba produk (meliputi observasi pendidik, angket peserta didik, dan hasil pretest serta posstest). Hasil validasi ahli materi termasuk dalam kategori “valid”. Hasil validasi ahli media termasuk dalam kategori “sangat valid”. Hasil observasi pendidik termasuk dalam kategori “praktis”. Hasil angket peserta didik termasuk dalam kategori “praktis”. Sedangkan data hasil evaluasi peserta didik termasuk dalam kategori “efektif”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash materi sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas V layak digunakan sebagai pendukung dalam kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil simpulan penelitian dan pengembangan ini media pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung ketercapaian tujuan belajar, akan tetapi faktor lain yaitu pendidik tidak juga tidak kalah penting karna pengelolaan kelas bergantung pada pendidik. Untuk penelitian dan pengembangan selanjutnya peneliti menyarankan untuk menambahkan game susun bangun ruang agar jauh lebih menarik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI