PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI CANDIREJO 02 KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020


Author (Penulis)

PITA AMINATUL QOSIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0418

Abstract

PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI CANDIREJO 02 KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

 

Pita Aminatul Qosidah

13.1.01.10.0418

FKIP-PGSD

pithha30@gmail.com

Dr. Subardi Agan, M.Pd1 dan Dr. Aan Nurfahrudianto, M.Pd2

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

 

ABSTRAK

 

            Latar belakang dari penelitian ini adalah proses pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menyimak cerita masih dominan pada pembelajaran yang berpusat pada guru saja. Sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Siswa hanya duduk dan mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri Candirejo 02 Kabupaten Blitar dengan jumlah siswa sebayak 48, masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil rata-rata nilai UTS. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan media yang sesuai dengan pembelajaran menyimak cerita yaitu media audiovisual.

            Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan keterampilan menyimak cerita yang menggunakan media audiovisual dan tanpa menggunakan media audiovisual siswa kelas V semester 2 SD Negeri Candirejo 02 Kabupatem Blitar Tahun Ajaran 2019/2020?

            Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Candirejo 02 dengan jumlah siswa sebanyak 48 siswa yang kemudian dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan model nonequivalent control group design. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes dan angket. Tes yang diberikan kepada siswa berjumlah 20 soal pilihan ganda.

            Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan keterampilan menyimak cerita yang menggunakan media audiovisual dan tanpa menggunakan media audiovisual siswa kelas V semester 2 SD Negeri Candirejo 02 Kabupatem Blitar Tahun Ajaran 2019/2020.

 

 

KATA KUNCI  : keterampilan menyimak cerita, media audiovisual.

 


Keyword

media audio visual, keterampilan menyimak cerita, dan pembelajaran, bahasa indonesia

Reference

Dadan Djuanda. 2006 . Pembelajaran Bahasa yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Dirjen Dikti

Marinda D, Ahmad. 1981 . Pengantar Filsafat Pendi-dikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif

Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka

Munadi. 2008. Media Pembelajaran  Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Perss

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar.  Jakarta: Prestasi Pustakakarya


PUBLISHED

2020-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade