PENGARUH METODE DISKUSI JENIS SYNDICATE GROUP DI DUKUNG MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA TOKOH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAHAN PADA SISWA KELAS V SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

RISA BELA KARTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0417

Abstract

RISA BELA KARTIKA SARI : Pengaruh Metode Diskusi Jenis Syndicate Group didukung Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berceirta Tokoh Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan Pada Siswa Kelas V SDN Campurejo 2, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Pembelajaran IPS disekolah selama ini biasa diajarkan secara konvensional atau masih berpusat pada guru. Siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, mengerjakan soal, dan menjawab pertanyaan guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan siswa memahami materi yang diajarkan menjadi rendah dan hasil belajar siswa yang justru akan merosot. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam bercerita tokoh perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan menggunakan metode diskusi jenis syndicate group tanpa ddidukung media kartu bergambar pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam bercerita tokoh perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan dengan menggunakan metode diskusi jenis syndicate group ddidukung media kartu bergambar pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode diskusi jenis syndicate group didukung media kartu bergambar terhadap kemampuan bercerita tokoh perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. Penlitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design tipe Post-Test Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kota Kediri , Teknik Pengumpulan data berupa tes dan instrumennya tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (4,204) > ttabel (1,679) dan nilai rata-rata kelas V menggunakan metode diskusi jenis syndicate group tanpa media kart bergambar 71,83 < KKM (75) dan nilai kelas V dengan menggunakan metode diskusi jenis syndicate group didukung media kart bergambar 83,42 > KKM (75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sangat signifikan metode diskusi jenis syndicate group didukung media kartu bergambar terhadap kemampuan bercerita tokoh perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan sisa kelas V SDN Campurejo 2 K ota Kediri 2016/2017. Kata Kunci : Metode Diskusi Jenis Syndicate Group, Media Kartu Bergambar, Kemampuan Bercerita

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI