pengaruh media gambar ekspresi melalui metode demonstrasiterhadap keterampilan siswa dalam membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat kelas IV SDN Burengan II tahun ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

RINNO ROBBY RAMADHAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0416

Abstract

Rinno Robby Ramadhan : Pengaruh media gambar ekspresi melalui metode demonstrasi terhadap keterampilan siswa dalam membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat kelas IV SDN Burengan 2 tahun ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017 Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa kurang mampu memahami pelajaran Bahasa Indonesia di SD, khususnya kemampuan siswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Selain itu siswa diharapkan meningkatkan kemampuan dalam ilmu berbahasa tulis maupun lisan dan menunjukan situasi yang terjadi menggunakan bahasa indonesia. Melalui lisan maupun tulis siswa bisa mengembangkan wawasan mereka mengenai cara bertutur dan menulis sesuai dengan EYD. Fokus penelitian adalah, (1) apakah keterampilan membaca puisi siswa kelas IV yang dibelajarkan tanpa menggunakan media gambar ekspresi melalui metode demonstrasi dapat mencapai KKM ? (2) apakah keterampilan membaca puisi siswa kelas IV yang dibelajarkan menggunakan media gambar ekspresi melalui metode demonstrasi dapat mencapai KKM? (3) Apakah ada pengaruh media gambar ekspresi melalui metode demonstrasi terhadap keterampilan membaca puisi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model media gambar ekspresi melalui metode demonstrasi terhadap keterampilan siswamembaca puisi kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Burengan 2. Penelitian ini menggunakan tekinik penelitian Posstest-Only-Control Design. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan siswa membaca puisi kelas IV SDN Burengan 2 kelas B yang tanpa menggunakan media gambar ekspresi memperoleh nilai rata-rata 70.29 sedangkan kemampuan membaca cerita anak siswa kelas IV SDN Burengan 2 kelas A yang menggunakan media gambar ekspresi memperoleh nilai rata-rata74.70. Setelah diketahui dari hasil analisis data diperoleh taraf sig. (2 tailed) yaitu 0,001< signifikan 0.05, sehingga terdapat pengaruh menggunakan media gambar ekspresi terhadap keterampilan siswa membaca pusi pada kelas IV Sekolah Dasar. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa media gambar ekspresi melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa membaca puisi pada kelas IV SDN Burengan 2 kelas A dengan adanya nilai rata-rata 74,70 untuk kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol dengan rata-rata 70,29. Kata kunci:media gambar ekspresi melalui metode demonstrasi, keterampilan membaca puisi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI