PENGARUH MEDIA VISUAL DALAM STRATEGI CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN BURENGAN 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MUHAMMAD EKO BUDIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0414

Abstract

Muhammad EkoBudianto: Pengaruh Media Visual dalam Strategi Circuit Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SDN Burengan 2 Kediri tahun ajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS di SD kelas V yang masih didominasi oleh pembelajaran ceramah tanpa didukung strategi pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran, sehingga kurang menarik dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Circuit Learning (CL) didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SDN Burengan 2 Kediri. Penelitian dilakukan dengan metode Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dari populasi SDN Burengan kota Kediri dengan jumlah 226 siswa, dengan sampel dari SDN Burengan 2 Kediri yang terdiri dari kelas 5a berjumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 5b dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran CL didukung dengan media visual sedangkan kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran CL tanpa menggunakan media visual. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-test dan Independent Sample t test menggunakan program SPSS for windows 18.0. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesiakelas V SDN Burengan 2 Kediri menggunakan strategi pembelajaran Circuit Learningtanpa menggunakan media visual berpengaruh signifikan, data hasil perhitungan diperoleh taraf sig. (2 tailed) 0.000 ? signifikasi 0.05 memperoleh hasil nilai rata-rata 68,50 (2) kemampuan mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesiakelas V SDN Burengan 2 Kediri menggunakan strategi pembelajaran Circuit Learningdidukung media visual. Data hasil perhitungan diperoleh taraf sig. (2 tailed) yaitu 0.000 ? signfikasi 0.05 memperoleh hasil rata-rata sebesar 84.29 (3) Setelah diketahui dari hasil analisis data diperoleh taraf sig. (2 tailed) yaitu 0.000 ? signifikasi 0.05,sehingga terdapat pengaruh penggunaan media visual dalam strategi pembelajaran Circuit Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesiakelas V SDN Burengan 2 Kediri. Kata Kunci: media visual, Circuit Learning, keragaman suku bangsa dan budaya

Keyword

MEDIA VISUAL, CIRCUIT LEARNING, KERAGAMAN SUKU BANGSA, BUDAYA DI INDONESIA

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade