Pengaruh Model Quantum Didukung Kombinasi Media Benda Asli Dan Benda Tiruan Terhadap Kemampuan Menjelaskan Perubahan Energi Bunyi Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Ngablak Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

JUWITA ISMABELA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0412

Abstract

ABSTRAK Juwita Ismabela Pengaruh Model Quantum Didukung Kombinasi Media Benda Asli Dan Benda Tiruan Terhadap Kemampuan Menjelaskan Perubahan Energi Bunyi Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Ngablak Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2018. Kata Kunci : Model Quantum, Kombinasi Media Benda Asli Dan Benda Tiruan, Kemampuan Menjelaskan Perubahan Energi Bunyi . Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti, bahwa model dan media yang digunakan guru kurang tepat dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah sehingga hasil belajar siswa rendah. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat, yaitu model Quantum dan kombinasi media benda asli dan benda tiruan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh Model Quantum didukung kombinasi media benda asli dan benda tiruan dibanding Model Quantum tanpa didukung kombinasi media benda asli dan benda tiruan terhadap kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi pada siswa kelas IV di SD Negeri Ngablak Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen sedangkan desain yang digunakan Nonrandomized Control Group Pretes-Posttes Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 4 SDN Ngablak yang berjumlah 38 siswa. Untuk menganalisis data menggunakan rumus Paired Sample Test dan Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pengaruh penggunaan Model Quantum Didukung Kombinasi Media Benda Asli dan Benda Tiruan dibanding Model Quantum tanpa Didukung Kombinasi Media Benda Asli dan Benda Tiruan, Hal ini terbukti dari nilai thitung = 4,891 > tt1% 2,719 Dengan keunggulan pada penggunaan model Quantum didukung kombinasi media benda asli dan benda tiruan, hal tersebut terbukti dari perbandingan rata-rata kelas eksperimen 82,89>73,95 rata-rata kelas kontrol.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade