PENGARUH METODE PEMBELAJARAN POSTER COMMENT DI DUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN PELEM 1 KAB. NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

BRAM TRISNO YOGO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0410

Abstract

Berdasarkan dari hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Pelem 1 Kabupaten Nganjuk, hasil ulangan harian hanya 56% yang mendapat nilai di atas KKM dan ini tentu sangat jauh dari yang diharapkan yaitu 75%. Hal ini menunjukkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA relatif tidak memuaskan, sehingga dapat terlihat dengan jelas bahwa ada masalah dalam proses pembelajaran IPA yang dilakukan di SDN Pelem 1. Sedangkan menurut beberapa peserta didik kelas IV SDN Pelem 1 Kabupaten Nganjuk sebagian besar dari mereka mengaku sangat jenuh dan merasa bosan saat pelajaran berlangsung. Hal inilah yang menjadi penyebab peserta didik merasa kesulitan menerima pelajaran IPA. Penyebab peserta didik merasa jenuh dan bosan adalah cara mengajar guru dan pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat, dimana sebagian besar guru mengajar menggunakan metode pembelajaran ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar diperlukan model pembelajaran yang tepat (metode pembelajaran Poster comment didukung media visual) agar siswa lebih tertarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A sebanyak 28 siswa sebagi kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes tertulis. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Ada pengaruh metode pembelajaran Poster comment didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya dengan thitung 12,648 > 2,080 ttabel. (2) Tidak ada pengaruh  metode pembelajaran ceramah tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya dengan thitung 2,017 < 2,080 ttabel. (3) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran Poster comment didukung media visual dan metode pembelajaran ceramah tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, dengan thitung 4,945 > 2,005ttabel. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran Poster comment didukung media visual agar pelajaran menjadi lebih mudah dipahami, bermakna dan menyenangkan.

 

KATA KUNCI  :. metode pembelajaraan poster comment didukung media visual; kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya


Keyword

Pengaruh metode pembelajaran poster comment di dukung media visual; kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta : Bandung

Sudjana, Nana. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2014. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta


PUBLISHED

2020-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade