PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DIDUKUNG METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PEMBAGIAN BILANGAN DUA ANGKA SISWA KELAS II SDN BURENGAN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WAHYU PUJI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0409

Abstract

ABSTRAK

Wahyu Puji Rahayu.Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Didukung Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Melakukan Pembagian Dua Angka Kelas II SDN Burengan Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Metode Diskusi, Kemampuan, Pembagian Dua Angka.

      Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika sehingga dalam kegiatan belajar hanya berlangsung satu arah. Masalah seperti ini apabila dibiarkan akan mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang akhirnya akan berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan pendekatan serta metode yang tepat yaitu Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia didukung Metode Diskusi.

      Permasalahan pada penelitian ini adalah 1. Apakah Pendekatan Matematika Realistik Indonesia didukung Metode Diskusi berpengaruh terhadap kemampuan melakukan pembagian dua angka pada siswa kelas II SDN Burengan 3 Kota Kediri?, 2. Apakah Pendekatan Matematika Realistik Indonesia tanpa didukung Metode Diskusi berpengaruh terhadap kemampuan melakukan pembagian dua angka pada kelas II SDN Burengan 1 Kota Kediri?, 3. Apakah ada perbedaan pengaruh antara Pendekatan Matematika Realistik Indonesia didukung Metode Diskusi dan Pendekatan Matematika Realistik tanpa didukung Metode Diskusi terhadap kemampuan melakukan pembagian dua angka pada siswa kelas II SDN Burengan Kota Kediri?.

     Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di gunakan analisis uji-t menggunakan Paired Sample t-test , Independent sample test dan uji keunggulan.

     Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1. Pendekatan matematika realistik indonesia mempengaruhi kemampuan melakukan pembagian bilangan dua angka siswa kelas II SDN Burengan 3 Kota Kediri, hal ini di buktikan dengan nilai thitung 12,799 > ttabel (5%) 2,042, 2. Pendekatan matematika realistik indonesia tanpa didukung metode diskusi mempengaruhi kemampuan melakukan pembagian bilangan dua angka siswa kelas II SDN Burengan 1 Kota Kediri, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 13,487 > ttebel  (5%) 2,052, 3.Ada perbedaan pengaruh pendekatan realistik indonesia didukung metode diskusi dibanding pendekatan matematika realistik indonesia tanpa didukung metode diskusi terhadap kemampuan melakukan pembagian dua angka siswa kelas II SDN Burengan Kota Kediri, hal ini dibuktikan dengan hasil thitung 3,383 > ttabel (5%) 2,000,serta rata-rata hasil belajar yang menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia didukung Metode Diskusi adalah 83,55 sedangkan hasil belajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia tanpa didukung Metode Diskusi adalah 75,18.


Keyword

a

Reference

Sugihartono,dkk.2007.Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press. 

Sugiono.2010.Belajar dan Pembelajaran.Kediri:Universitas Nusantara PGRI Kediri

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitalif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad.2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenamedia Group

Sri Mujiastuti.2006.Penggunaan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Sampagan 04 Kecamatan gajahmungkur Kota Semarang Tahun Ajaran 2004/2005.Skripsi.Tidak Dipublikasikan.Semaranng:FK UNS

Wijaya,Ariyadi.2011.Pendidikan Matematika Realistik.Yogykarta:Graha Ilmu.

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Sinar Grafika


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI