PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA KELAS IV SEMESTER II SDN 09 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

RISKA DWI RUSTIKARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0406

Abstract

ABSTRAK Riska Dwi Rustikarini: Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Mengenal Permasalahan Sosial Di Daerahnya Kelas IV Semester II Mata Pelajaran IPS SDN Ngunut 09 Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya materi permasalahan sosial di daerahnya masih didominasi oleh pembelajaran klasikal oleh guru dan penggunaan metode yang monoton tanpa model yang mampu menggugah minat siswa sehingga menimbulkan rasa kebosanan dan dirasa kurang menarik. Hal tersebut nampak pada tingkat penguasaan materi yang rendah. Berdasarkan latarbelakang tersebut, permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya dengan menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas IVB semester II SDN 09 Ngunut Tulungagung (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya menggunakan model quantum teaching dengan metode problem solving pada siswa kelas IV A semester II SDN 09 Ngunut Tulungagung (3) Adakah pengaruh yang signifikan pada penerapan model quantum teaching dengan metode problem solving terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya kelas IVA semester II SDN 09 Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian quasi experimental design dan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV A dan B SDN 09 Ngunut sehingga terdapat dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung kelas eksperimen (4,09) > t-tabel (1,75) dan nilai t-hitung kelas kontrol (2,65) > t-tabel 1,75. Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teachingdengan metode problem solving terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IVA SDN Ngunut 09. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui penelitian ini dapat ditemukan bahwa dengan menggunakan pendekatan konvensional terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di derahnya pada siswa kelas IVB SDN 09 Ngunut dinyatakan kurang mampu. (2) Penggunaan model quantum teaching dengan metode problem solving oleh guru berpengaruh terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IVAdinyatakan mampu/berhasil. (3) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan model quantum teaching dengan metode problem solving terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IVA SDN Ngunut 09 Tulungagung Kata Kunci: model quantum teaching, metode problem solving, kemampuan mengenal permasalahan sosial di derahnya.

Keyword

model quantum teaching, metode problem solving, kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade