PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA KELAS IV SEMESTER II SDN 09 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN 2016/2017
Author (Penulis)
RISKA DWI RUSTIKARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0406
Abstract
ABSTRAK
Riska Dwi Rustikarini: Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Mengenal Permasalahan Sosial Di Daerahnya Kelas IV Semester II Mata Pelajaran IPS SDN Ngunut 09 Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya materi permasalahan sosial di daerahnya masih didominasi oleh pembelajaran klasikal oleh guru dan penggunaan metode yang monoton tanpa model yang mampu menggugah minat siswa sehingga menimbulkan rasa kebosanan dan dirasa kurang menarik. Hal tersebut nampak pada tingkat penguasaan materi yang rendah.
Berdasarkan latarbelakang tersebut, permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya dengan menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas IVB semester II SDN 09 Ngunut Tulungagung (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya menggunakan model quantum teaching dengan metode problem solving pada siswa kelas IV A semester II SDN 09 Ngunut Tulungagung (3) Adakah pengaruh yang signifikan pada penerapan model quantum teaching dengan metode problem solving terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya kelas IVA semester II SDN 09 Ngunut Tulungagung?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian quasi experimental design dan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV A dan B SDN 09 Ngunut sehingga terdapat dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen.
Teknik analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung kelas eksperimen (4,09) > t-tabel (1,75) dan nilai t-hitung kelas kontrol (2,65) > t-tabel 1,75. Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teachingdengan metode problem solving terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IVA SDN Ngunut 09.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui penelitian ini dapat ditemukan bahwa dengan menggunakan pendekatan konvensional terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di derahnya pada siswa kelas IVB SDN 09 Ngunut dinyatakan kurang mampu. (2) Penggunaan model quantum teaching dengan metode problem solving oleh guru berpengaruh terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IVAdinyatakan mampu/berhasil. (3) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan model quantum teaching dengan metode problem solving terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IVA SDN Ngunut 09 Tulungagung
Kata Kunci: model quantum teaching, metode problem solving, kemampuan mengenal permasalahan sosial di derahnya.