PENGARUH MODEL INKUIRI DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MENGIDENIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA BERDASARKAN PENGAMATAN MELIPUTI BENDA PADAT, CAIR DAN GAS KELAS 3 SDN SIDOHARJO 6 KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MENTARI RAMADANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0404

Abstract

ABSTRAK Mentari Ramadani: Pengaruh model Inkuiri di dukung media realia terhadap hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas kelas 3 SDN Sidoharjo 6 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa mata pelajaran ipa terutama materi mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas di SD masih diajarkan dengan cara konvensional yaitu guru lebih banyak ceramah ketika menyampaikan materi pelajaran dan materi yang disampaikan tidak dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari siswa, sehingga siswa mudah lupa terhadap materi yang disampaikan selain itu media yang digunakan masih bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa dengan taraf berfikir yang masih konkret. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model Inkuiri didukung media realia terhadap hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas pada siswa kelas 3 SDN Sidoharjo 6. (2) Apakah ada pengaruh model Inkuiri tanpa didukung media realia terhadap hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas pada siswa kelas 3 SDN Sidoharjo 6. (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model Inkuiri didukung media realia dibanding dengan model inkuiri tanpa didukung media realia terhadap hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas siswa kelas 3 SDN Sidoharjo 6. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian quasi experimental design dan pendeketan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas 3 SDN Sidoharjo 6, yaitu siswa kelas 3A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas 3B sebagai kelas eksperimen. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model Inkuiri didukung media realia terhadap hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas pada siswa kelas 3 SDN Sidoharjo 6. (2) Ada pengaruh model Inkuiri tanpa didukung media realia terhadap hasil belajar mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas pada siswa kelas 3 SDN Sidoharjo 6. Dinyatakan telah memenuhi standart nilai KKM 75,00 terbukti dari hasil rata-rata nilai pretest 60,38 dan posttest 85,19. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terbukti dari hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 85,19 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu 74,03 selain itu berdasarkan hasil analisis uji t dengan menggunakan independent sample test, sign 2-tailed 0,000 ? 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Kata Kunci : Model Inkuiri, Media Realia, Sifat-sifat benda padat, cair, dan gas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI