ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN DALAM SURAT UNTUK TEMAN SEBAYA TENTANG PENGALAMAN ATAU CITA-CITA SISWA KELAS IV SD FAJAR MULIA KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

LULUK HIDAYATUL FITROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0400

Abstract

Luluk Hidayatul Fitroh : Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Dalam Surat Untuk Teman Sebaya Tentang Pengalaman Atau Cita-Cita Siswa Kelas IV SD Fajar Mulia Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis hal ini dibuktikan dengan ditemukan beberapa kesalahan dari segi penggunaan ejaan khususnya penulisan huruf kapital, tanda titik, tanda koma, tanda hubung dan tanda tanya pada hasil kerja surat untuk teman siswa kelas IV di SD Fajar Mulia. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana bentuk kesalahan penulisan huruf kapital dalam surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita siswa kelas IV SD Fajar Mulia Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana bentuk kesalahan pemakaian tanda titik dalam surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita siswa kelas IV SD Fajar Mulia Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri? 3) Bagaimana bentuk kesalahan pemakaian tanda koma dalam surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita siswa kelas IV SD Fajar Mulia Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri? 4) Bagaimana bentuk kesalahan pemakaian tanda hubung dalam surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita siswa kelas IV SD Fajar Mulia Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri? 5) Bagaimana bentuk kesalahan pemakaian tanda tanya dalam surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita siswa kelas IV SD Fajar Mulia Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Fajar Mulia. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan human intrument atau peneliti itu sendiri. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik baca markah dan teknik hubung-banding, tahapan dalam penelitian ini meliputi tiga langkah yakni kategorisasi, tabulasi, dan pendeskripsian. Berdasarkan hasil penelitian ini, tentang kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita siswa. Ditemukan kesalahan meliputi: (1) Aspek penggunaan huruf kapital sebanyak 96 kesalahan atau 73,84%. (2) Aspek pemakaian tanda titik dengan jumlah 3 kesalahan atau 2,31%. (3) Aspek pemakaian tanda koma dengan jumlah 9 kesalahan atau 6,92%. (4) Aspek pemakaian tanda hubung sebanyak 6 kesalahan atau 4,62%. (5) Aspek pemakaian tanda tanya ditemukan sejumlah 16 kesalahan atau 12,31%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, masih banyak ditemukan kesalahan ejaan. untuk itu guru sebagai pelaksana dalam pembelajaran selain memberikan materi juga perlu menerapkan latihan keterampilan menulis. Kata kunci: Kesalahan Penggunaan Ejaan, Menulis Surat, Siswa kelas IV SD

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI