PENGARUH MODEL JIGSAW DIDUKUNG METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR BATANG TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBIREJO KABUPATEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Author (Penulis)
MARIA ULFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0399
Abstract
Abstrak
Maria Ulfa: Pengaruh Model Jigsaw didukung Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Struktur Batang Tumbuhan dengan Fungsinya pada Siswa Kelas IV SDN Sambirejo Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan hasil belajar dilapangan yang tidak sesuai dengan harapan. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena kurangnya pengenalan lingkungan sekitar pada siswa, guru menggunakan model dan metode mengajar yang kurang menarik bagi siswa dan tingkat kemampuan siswa yang berbeda.
Hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh penggunaan Model Jigsaw didukung Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Struktur Batang Tumbuhan dengan Fungsinya pada Siswa Kelas IV SDN Sambirejo Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan normalitas uji-satu arah. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari analisis data, diperoleh rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model Jigsaw didukung metode eksperimen x ?1 = 84,20 dan rata-rata skor tes siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional x ?2 = 75,41. Dari perhitungan dengan menggunakan tehnik uji-t satu arah diperoleh t-hitung 3.084 > t-tabel 2.010 (pada taraf signifikasi 5%) dengan df 48. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Jigsaw didukung metode eksperimen terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Sambirejo Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil belajar IPA tentang hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model Jigsaw didukung metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah : (1) Guru seharusnya membaca lebih banyak referensi mengenai model dan metode pembelajaran sehingga dapat menentukan model dan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan. (2) Hendaknya sekolah dapat memfasilitasi penyediaan atau pembuatan perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk menerapkan model pembelajaran yang akan digunakan di kelas. (3) Untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih kreatif misalnya menggunakan penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan metode eksprimen semenarik mungkin dan mengembangkan penelitian ini lebih baik sehingga dapat lebih meningkatkan kemampuan siswa.
Kata Kunci : model Jigsaw, metode eksperimen, IPA, kemampuan menjelaskan