PENGARUH MODEL SCRAMBLE DIDUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER-SUMBER ENERGI (PANAS, LISTRIK, CAHAYA, DAN BUNYI) SISWA KELAS II SD ISLAM NU SEKARAN KECAMATAN KAYEN KIDUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ZUWANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0397

Abstract

ABSTRAK ZUWANITA: Pengaruh Model Scramble Didukung Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber-Sumber Energi (Panas, Listrik, Cahaya, Dan Bunyi) Siswa Kelas II SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah karena proses pembelajaran IPA di SD masih didominasi peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan pasif. Sehingga kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model scramble didukung media benda nyata agar tujuan pembelajarannya tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber-sumber energi siswa kelas II SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul dengan menggunakan model scramble tanpa didukung media benda nyata.(2) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber-sumber energi siswa kelas II SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul dengan menggunakan model scramble didukung media benda nyata. (3) untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan model scramble didukung media benda nyata terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi sumber-sumber energi siswa kelas II SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pretest-posstest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan instrumen soal obyektif. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) model scramble tanpa didukung media benda nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi siswa kelas II SD Islam NU Sekaran dengan nilai rata-rata kelas 65,93. (2) model scramble didukung media benda nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi siswa kelas II SD Islam NU Sekaran dengan nilai rata-rata kelas 77,78. (3) ada pengaruh model scramble didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi siswa kelas II SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan asymp.sig(2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Dengan demikian “hipotesa nol (H0) ditolak, dan hipotesa alternatif (Ha) diterima”. Kata Kunci: model scramble, media benda nyata, kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI