Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Metode Eksperimen Didukung Media Konkret Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Wujud dan Sifat Benda Padat Pada Siswa Kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

FEBRIANA FRANSCISKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0396

Abstract

ABSTRAK Febriana Fransciska : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Metode Eksperimen Didukung Media Konkret Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Wujud Dan Sifat Benda Padat Pada Siswa Kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci : Model Group Investigation, Metode Eksperimen, Media Konkret, Wujud Dan Sifat Benda Padat. Pembelajaran IPA di sekolah selama ini masih berpusat pada guru. Siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, mengerjakan soal, dan menjawab pertanyaan dari guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan siswa memahami materi menjadi rendah dan hasil belajar siswa yang justru akan merosot. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan model group investigation dengan metode eksperimen didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud dan sifat benda padat pada siswa kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri (2) Untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan model group investigation tanpa metode eksperimen didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud dan sifat benda padat pada siswa kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri (3) Untuk membuktikan adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan pengaruh model group investigation dengan metode eksperimen didukung media konkret dibanding model group investigation tanpa metode eksperimen didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud dan sifat benda padat pada siswa kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IVa SDN Jagalan 1 Kota Kediri sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVb SDN Jagalan 1 Kota Kediri sebagai kelas kontrol dan analisis data menggunakan t-tes. Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model group investigation dengan metode eksperimen didukung media konkret berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud dan sifat benda padat pada siswa kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri, terbukti dengan hasil t hitung= 22,587 > t tabel 1% = 2,861; (2) Model group investigation tanpa metode eksperimen didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud dan sifat benda padat pada siswa kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri, terbukti dengan hasil t hitung = 9,200 > t tabel 1% = 2,861; (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model group investigation dengan metode eksperimen didukung media konkret dibanding dengan model group investigation tanpa metode eksperimen didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi wujud dan sifat benda padat pada siswa kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri, dengan hasil perhitungan t hitung = 9,576 > t tabel 1% = 2,711 dengan keunggulan pada penggunaan model group investigation dengan metode eksperimen didukung media konkret.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI