PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN NGADIREJO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

AQMARINA RAMADHANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0391

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh guru yang masih mendominasi dalam pembelajaran. Proses pembelajaran yang demikian menyebabkan suasana kelas menjadi membosankan sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya. (2) Mengetahui pengaruh media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian Sequental Explanatory yang menggunakan bentuk penelitian dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendektan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngadirejo 2 sebagai kelas eksperimen, siswa kelas V SDN Ngadirejo 3 sebagai kelas kontrol 1, dan siswa kelas V SDN Ngadirejo 5 sebagai kelas kontrol 2. Setiap siswa dalam kelas kontrol maupun kelas eksperimen mengerjakan soal pre test sebelum mendapatkan perlakuan dan mengerjakan soal post test setelah mendapatkan perlakuan. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji Anova satu jalur. Berdasarkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan anava satu jalur didapatkan Fhitung 3,772 > Ftabel 3,49, sehingga H0 ditolak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sifat-sifat cahaya. (2) Media benda konkret berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sifat-sifat cahaya. (3) Model pembelajaran SAVI dan media benda konkret berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sifat-sifat cahaya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan guru hendaknya membaca banyak refrensi mengenai model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi di sekolah dasar, supaya setiap kegiatan belajar mengajar guru memiliki inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi siswa. Dengan demikian siswa tidak cepat bosan selama mengikuti proses pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar siswa meningkat. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dan media benda konkret. KATA KUNCI: SAVI, media benda konkret, hasil belajar, sifat-sifat cahaya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI