PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR DUA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SEJARAH UANG DAN PENGGUNAANYA PADA SISWA KELAS III SDN TIRON 1 TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
MOH. RIDLO DWI ABDILLAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0388
Abstract
ABSTRAK
MOH. RIDLO DWI ABDILAH : Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Didukung Media Gambar Dua Dimensi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sejarah Uang dan Penggunaanya pada Siswa Kelas III SDN Tiron 1 Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa, pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Permasalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media gambar dua dimensi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sejarah uang dan penggunaanya pada siswa kelas III A SDN Tiron 1 yang diberi perlakkuan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media gambar dua dimens? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sejarah uang dan penggunaanya pada siswa kelas III B SDN Tiron 1 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) tanpa didukung media gambar dua dimensi? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media gambar dua dimensi terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang dan penggunaanya pada siswa kelas III A SDN Tiron 1 tahun ajaran 2016/2017?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tiron 1, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal uarain. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebelum dilakukan uji t dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi sejarah uang dan penggunaanya yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media gambar dua dimensi pada siswa kelas III A SDN Tiron 1 mencapai KKM. (2) Kemampuan mengidentifikasi sejarah uang dan penggunaanya yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) tanpa didukung media gambar dua dimensi pada siswa kelas III B SDN Tiron 1 di bawah KKM (3) Ada pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media gambar dua dimensi terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang dan penggunaanya pada siswa kelas III A Tiron 1 tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Index Card Match (ICM), Media Gambar Dua Dimensi