PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA SISWA KELAS IV SDN MOJOKAMBANG KECAMATAN BANDAR KEDUNGMULYO KABUPATEN JOMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DEVI PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0387

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataannya siswa sering menganggap IPA sebagai mata pelajaran yang sulit, hal ini disebabkan karena siswa harus memahami banyak sekali konsep-konsep ilmiah, yang mengakibatkan hasil belajar siswa tidak tercapai, dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam menyampaikan pembelajaran, sehingga menimbulkan verbalisme, kebosanan dan menjadikan siswa pasif. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menggunakan model course review horay dalam menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam tanpa menggunakan model course review horay dalam menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV. 3) Untuk membuktikan pengaruh yang signifikan penerapan model course review horay terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Mojokambang Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen diadaptasi dari Pretest Posttest Control Group Design Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mojokambang Jombang yang terdiri dari 20 siswa (kelompok eksperimen) dan 20 siswa (kelompok kontrol). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t independent sample test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan siswa kelas IV SDN Mojokambang Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang dalam menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model pembelajaran course review horay, > KKM. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata pada nilai pretest sebesar 61,75 meningkat pada posttest sebesar 85,75. 2) Kemampuan siswa kelas 4 SDN Mojokambang Keacamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang dalam menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya tanpa menggunakan model pembelajaran course review horay, < KKM. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata pada nilai pretest sebesar 51,75 meningkat pada posttest sebesar 72,75. 3) Ada pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Mojokambang Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang Tahun Ajaran 2016/2017”. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05, maka Ha diterima. Kata Kunci: pembelajaran, Course Review Horay, makanan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI