PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DIDUKUNG MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SISWA KELAS V MI AL-HIDAYAH TEGALAN KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
SANTI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0386
Abstract
ABSTRAK
Santi Wulandari: Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik didukung Media Benda Konkret terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Ruang Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika pada materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang belum memperoleh hasil yang memuaskan. Hal tersebut karena rendahnya motivasi siswa dan guru kesulitan dalam merangsang siswa agar berani mengemukakan pendapat dalam proses belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan bahwa pembelajaran matematika realistik didukung media benda konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang siswa kelas VB MI Al-Hidayah Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017 (2) Untuk membuktikan bahwa pembelajaran matematika realistik tanpa didukung media benda konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang siswa kelas VA MI Al-Hidayah Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017 (3) Untuk mengungkap ada-tidaknya perbedaan pengaruh antara pembelajaran matematika realistik didukung media benda konkret dibanding pembelajaran matematika realistik tanpa didukung media benda konkret siswa kelas V MI Al-Hidayah Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini siswa kelas V MI Al-Hidayah Tegalan. Obyeknya MI Al-Hidayah Tegalan. Hasil penelitian ada perbedaan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran matematika realistik didukung media benda konkret siswa kelas VB MI Al-Hidayah Tegalan dengan hasil uji paired simple t test bahwa nilai t hitung adalah 6,921 berarti lebih besar daripada t tabel 1% (2,831) dan t tabel 5% (2,079). Ada perbedaaan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran matematika realistik tanpa didukung media benda konkret siswa kelas VA MI Al-Hidayah Tegalan menggunakan uji paired simple t test bahwa nilai t hitung adalah 4,430 berarti lebih besar daripada t tabel 1% (2,831) dan t tabel 5% (2,079). Ada pengaruh pembelajaran matematika realistik didukung media benda konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V MI Al-Hidayah Tegalan, dengan hasil ujii ndependent sample t test bahwa nilai t hitung adalah 5,617 berarti lebih besar daripada t tabel 1% (2,698) dan t tabel 5% (2,018).
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik didukung media benda konkret berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V MI Al-Hidayah Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, media benda konkret, kemampuan mengidentifikasi.