PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN KETANON TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
MOHAMAD RENDY ISLANDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0385
Abstract
ABSTRAK
MOHAMAD RENDY ISLANDANA : Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas III SDN Ketanon Tulungagung, Skripsi, PG-SD, FKIP UNP Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motivasi
belajar siswa masih rendah, masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran, padahal guru
sudah mengajar dengan baik yaitu dengan media gambar yang menarik, tetapi mayoritas siswa tidak
memperhatikan dan asyik berbicara dengan teman sebangku. Selain itu berdasarkan data dokumentasi
siswa kelas III SDN Ketanon menunjukkan bahwa sebagian besar siswa lahir dari orang tua dengan
tingkat pendidikan rendah (SD dan SMP) yaitu sebanyak 40 orang. Tingkat pendidikan orang tua yang
rendah ini menjadikan pengetahuan orang tua menjadi kurang optimal sehingga menjadikan
permasalahan dalam motivasi belajar siswa.
Permasalahan yang akan dipecahkan melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi
belajar siswa kelas III SDN Ketanon Tulungagung?, 2) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua
terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Ketanon Tulungagung?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian 100 siswa kelas
III SDN Ketanon Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan Uji
Krusal-Wallis.
Kesimpulan hasil penelitian adalah: 1) motivasi belajar siswa kelas III SDN Ketanon
Tulungagung termasuk dalam kategori sedang karena sebagian besar siswa yaitu 40% atau 40 siswa
memiliki motivasi belajar kategori sedang, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat
pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Ketanon Tulungagung
(probabilitas (sig) < 0,05). Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan: 1) Bagi orang tua,
sebaiknya memperhatikan motivasi belajar anak, berbagai cara untuk menumbuhkan motivasi belajar
anak yaitu bisa dengan memberi penghargaan atas prestasi dan memberi hukuman yang mendidik; 2)
Bagi guru, disarankan agar guru dalam menyampaikan pembelajaran hendaknya selalu mendorong
motivasi siswa agar motivasi belajar siswa semakin baik dan prestasinya bisa dioptimalkan; 3) Bagi
siswa, diharapkan siswa lebih giat dalam belajar agar hasil belajar menjadi lebih optimal; 4) Bagi
peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperluas subyek penelitian agar hasil penelitian lebih akurat.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar