PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN KETANON TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

MOHAMAD RENDY ISLANDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0385

Abstract

ABSTRAK MOHAMAD RENDY ISLANDANA : Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN Ketanon Tulungagung, Skripsi, PG-SD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motivasi belajar siswa masih rendah, masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran, padahal guru sudah mengajar dengan baik yaitu dengan media gambar yang menarik, tetapi mayoritas siswa tidak memperhatikan dan asyik berbicara dengan teman sebangku. Selain itu berdasarkan data dokumentasi siswa kelas III SDN Ketanon menunjukkan bahwa sebagian besar siswa lahir dari orang tua dengan tingkat pendidikan rendah (SD dan SMP) yaitu sebanyak 40 orang. Tingkat pendidikan orang tua yang rendah ini menjadikan pengetahuan orang tua menjadi kurang optimal sehingga menjadikan permasalahan dalam motivasi belajar siswa. Permasalahan yang akan dipecahkan melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas III SDN Ketanon Tulungagung?, 2) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Ketanon Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian 100 siswa kelas III SDN Ketanon Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan Uji Krusal-Wallis. Kesimpulan hasil penelitian adalah: 1) motivasi belajar siswa kelas III SDN Ketanon Tulungagung termasuk dalam kategori sedang karena sebagian besar siswa yaitu 40% atau 40 siswa memiliki motivasi belajar kategori sedang, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Ketanon Tulungagung (probabilitas (sig) < 0,05). Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan: 1) Bagi orang tua, sebaiknya memperhatikan motivasi belajar anak, berbagai cara untuk menumbuhkan motivasi belajar anak yaitu bisa dengan memberi penghargaan atas prestasi dan memberi hukuman yang mendidik; 2) Bagi guru, disarankan agar guru dalam menyampaikan pembelajaran hendaknya selalu mendorong motivasi siswa agar motivasi belajar siswa semakin baik dan prestasinya bisa dioptimalkan; 3) Bagi siswa, diharapkan siswa lebih giat dalam belajar agar hasil belajar menjadi lebih optimal; 4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperluas subyek penelitian agar hasil penelitian lebih akurat. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI