PENGARUH MODEL EXPLICIT INTRUCTION DIDUKUNG MEDIA VISUAL DAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PEMBAGIAN BILANGAN DUA ANGKA KELAS II DI SD FAJAR MULIA KECAMATAN PLEMAHAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

NURIMA YUSNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0384

Abstract

Nurima Yusnawati: Pengaruh Model Explicit Intruction Didukung Media Visual dan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Melakukan Pembagian Bilangan Dua Angka Kelas II Di SD Fajar Mulia Kecamatan Plemahan Tahun Pelajaran 2016 / 2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Explicit Intruction, Visual, Demonstrasi, Kemampuan Melakukan Pembagian Bilangan Dua Angka Penelitian ini dilatarbelakangi penguasaan konsep matematika dalam operasi pembagian terlihat masih menggunakan cara yang bersifat monoton seperti minimnya media yang digunakan, model yang kurang variatif, metode yang terpaku hanya ceramah sehingga kurang memberi semangat belajar pada peserta didik, kurang terdorongnya dalam mengembangkan kemampuan berfikir yang nantinya pembelajaran terfokus pada proses menghafal. Terkait dengan hal itu, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahuai perbedaan yang signifikan penggunaan model Explicit Intruction tanpa media visual dan metode demonstrasi terhadap kemampuan melakukan pembagian bilangan dua angka dengan penggunaan model Explicit Intruction didukung media visual dan metode demonstrasi terhadap kemampuan melakukan pembagian bilangan dua angka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Pretest – Posttest Control Group Design yang dilakukan tidak secara random. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Fajar Mulia yaitu kelas II A dan II B yang jumlah seluruhnya ada 40 siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Fajar Mulia. Hasil pengujian dari hipotesis: (1)Tidak ada pengaruh dalam penerapan model Explicit Intruction tanpa didukung media visual dan metode demonstrasi terhadap kemampuan melakukan pembagian bilangan dua angka pada kelas II di SD Fajar Mulia kecamatan Plemahan tahun pelajaran 2016 / 2017 ”. Hal ini dikarenakan hasil nilai post-test masih dibawah nilai KKM yaitu dengan mean 74,00.(2)Ada pengaruh dalam penggunaan model Explicit Intruction dengan didukung media visual dan metode demonstrasi terhadap kemampuan melakukan pembagian bilangan dua angka pada kelas II di SD Fajar Mulia kecamatan Plemahan tahun pelajaran 2016 / 2017 ”. Hal ini dikarenakan hasil nilai post-test sudah diatas nilai KKM yaitu dengan mean 83,50.(3)Adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model Explicit Intruction tanpa didukung media visual dan metode demonstrasi dengan model Explicit Intruction didukung media visual dan metode demonstrasi terhadap kemampuan melakukan pembagian bilangan dua angka pada kelas II di SD Fajar Mulia kecamatan Plemahan tahun pelajaran 2016 / 2017 berdasarkan analisis Uji-T, diketahui T hitung = 3,792 dan T tabel = 0,320 (3,792 > 0,320).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI