pengaruh model Think Talk Write (TTW) didukung media Audiovisual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


Author (Penulis)

NURUL LAILIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0383

Abstract

ABSTRAK NURUL LAILIYAH: Pengaruh Model Pembelajarn Think Talk Write Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada Siswa Kelas IV SDN Sambiresik Tahun 2017/2018. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: Model Think Talk Write (TTW), Media audio visual, penggolongan hewan, jenis makanannya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya rendah karena di dalam pembelajaran siswa pasif dan tidak terlibat secara langsung di dalam pembelajaran. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat untuk mempermudah siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru yaitu model pembelajaran Think Talk Write dan media audio visual. Sehingga tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write didukung media audio visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambiresik tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambiresik tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write didukung media audio visual dengan model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV di SDN Sambiresik tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Tekhnik penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design Analisis data yang digunakan adalah Spss 16 for Windows menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0.05%. Hasil penelitian ini adalah: (1)Ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write didukung media audio visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambiresik tahun ajaran 2017/2018.(2)Ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambiresik tahun ajaran 2017/2018. (3)Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Talk Write didukung media audio visual lebih baik dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Sambiresik tahun ajaran 2017/2018.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI