PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DIDAERAH SISWA KELAS 4 SDN SAMBIRESIK 2017/2018
Author (Penulis)
HARI WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0381
Abstract
Hari Widodo:Pengaruh Model Think Talk Write Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Permasalahan Sosial di Daerahnya Siswa Kelas IV SDN Sambiresik Kediri , Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRIKediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS di SD kelas IV yang masih didominasi oleh guru.Pembelajaran tersebut kurang menarik bagi siswa yang mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut sangat redah, sehingga pembelajaran IPS mejadi kurang bermakna yang berakibat materi pembelajaran mudah dilupakan oleh siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model Think Talk Write didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IV SDN Sambiresik Kediri? (2) Bagaimana pengaruh model Think Talk Write tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IV SDN Sambiresik Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh model Think Talk Write didukung media audio visual dengan model Think Talk Write tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IV SDN Sambiresik Kediri?.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen True Eksperimental Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian kelas kontrol berjumlah 24 dan kelas eksperimen berjumlah 24 siswa kelas IV SDN Sambiresik Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan Model Think Talk Writedidukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IV SDN Sambiresik Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 16, 314 > ttabel 5% yaitu 2, 068.(2) Penggunaan Model Think Talk Write tanpa didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya siswa kelas IV SDN Sambiresik Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 11, 519 > ttabel 5% yaitu 2, 068.(3)Ada Perbedaan pengaruh model think talk write didukung media audio visual dengan model think talk write tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya. Hal ini terbukti bahwa nilaithitung> ttabeldengan taraf signifikan5% yaitu 4, 053 > 2, 068 dengan keunggulan model think talk write didukung media audio visual. Nilai rata-rata post test yang di peroleh kelompok eksperimen 83. 75 lebih besar dibanding nilai rata-rata post test kelompok kontrol sebesar 75.21.
Kata kunci : model think talk write,media audio visual, mengenal permasalahan sosial di daerahnya