Kajian Struktur Puisi Karya Siswa Kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

RIZQI RATNA ARTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0380

Abstract

KAJIAN STRUKTUR PUISI KARYA SISWA KELAS V SDN MRICAN 4 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 RIZQI RATNA ARTIKA SARI 13.1.01.10.0380 FKIP PGSD rizqi.qinata@gmail.com Dr. Andri Pitoyo, M.Pd. dan Wahid Ibnu Zaman, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Rizqi Ratna Artika Sari: Kajian Struktur Puisi Karya Siswa Kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa dengan menulis puisi, siswa dapat mengungkapkan gagasan, perasaan, serta pengalamannya secara puitis. Puisi yang ditulis siswa merupakan refleksi atau pantulan dari pengalaman, budaya, dan struktur-struktur lain dari penulisnya, maka perlu upaya untuk mengkaji puisi itu tentang struktur-struktur yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tema, gaya bahasa, diksi, dan rima yang terdapat pada puisi karya siswa kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana ragam tema yang terdapat pada puisi karya siswa kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017?, (2) Bagaimana bentuk-bentuk gaya bahasa yang terdapat pada puisi karya siswa kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017?, (3) Bagaimana diksi yang terkandung dalam puisi karya siswa kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017?, (4) Bagaimana rima yang terkandung dalam puisi karya siswa kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017?. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis deskriptif-kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri yang berjumlah 33 siswa. Data dokumentasi berjumlah 33 buah puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif melalui teknik analisis deskriptif. Dari analisis data menunjukkan bahwa (1) Tema puisi yang digunakan adalah ketuhanan, patriotisme, keindahan, dan perjuangan, (2) Gaya bahasa yang digunakan yaitu gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa penegasan, dan gaya bahasa pertentagan, (3) Diksi yang digunakan siswa ada tiga macam yaitu, lambang, utterance, dan simbol yang masih tergolong sederhana dan mudah dipahami, (4) Rima yang digunakan siswa secara umum adalah pola rima terus, rima silang, rima pasang, rima patah, rima awal, rima onomatope, rima aliterasi, rima asonansi, dan rima mutlak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah struktur puisi karya siswa kelas V SDN Mrican 4 Kota Kediri yang terdiri dari tema, gaya bahasa, diksi, dan rima, masih tergolong sederhana. Peran guru untuk memberikan bimbingan pada saat proses pembelajaran perlu ditingkatkan, karena masih adanya unsur puisi yang belum terpenuhi. Namun demikian, puisi yang ditulis telah sesuai dengan pengalaman, karakteristik dan taraf berimajinasi anak usia SD.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI