PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT, SISWA KELAS IV SDN SINGKALANYAR 2 TAHUN AJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

NUR ULFIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0377

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi pada mata pelajaran IPA di SD kelas IV. Pada proses pembelajaran IPA, guru hanya menjelaskan materi dengan berpedoman pada buku teks saja, belum adanya media pendukung yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Sehingga suasana kelas menjadi monoton, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah mengembangkan media diorama pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit? (2) Bagaimanakah respon guru terhadap media diorama yang digunakan pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit? (3)Bagaimanakah respon siswa kelas IV setelah diajar menggunakan media diorama pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit?. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE (analyze, desain,development,implementation,evaluation). Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi ahli, revisi, uji coba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 9 siswa kelas IV di Bimbingan Belajar Weta dan uji coba skala luas dilakukan pada 16 siswa kelas IV di SDN Singkalanyar 2. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media Diorama dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE, maka dihasilkan sebuah draf media Diorama. Angket yang diisi oleh Guru menyatakan bahwa respon yang diberikan guru pada pertemuan pertama 70% menyatakan sangat setuju dan 30% menyatakan setuju, pertemuan kedua 50% menyatakan sangat setuju, 40% menyatakan setuju dan 10% kurang setuju, pertemuan ketiga 80% menyatakan sangat setuju, 20% menyatakan setuju terhadap pembelajaran dengan menggunakan media Diorama. Respon siswa setelah diajar menggunakan media diorama pada pertemuan pertama dan ketiga 12 dari 16 siswa memberikan respon dengan jumlah skor maksimal, yakni 100% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan 4 dari 16 siswa lainya memberikan respon dengan jumlah skor 90%, pertemuan kedua 12 dari 15 siswa memberikan respon dengan jumlah skor maksimal, yakni 100% dengan kriteria sangat baik, sedangkan 3 dari 15 siswa lainya memberikan respon dengan jumlah skor 90%, yang juga termasuk kriteria sangat baik. KATA KUNCI : media pembelajaran, perubahan kenampakan bumi dan benda langit

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI