PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE ADN PICTURE DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG MEMPENGARUHINYA PADA SISWA KELAS V SDN BANGUNMULYO KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG 2016/2017


Author (Penulis)

EVA WAHYU PRADANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0375

Abstract

Eva Wahyu Pradanti: “Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air Dan Kegiatan Manusia Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V SDN Bangunmulyo I Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017”, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2016. Kata kunci: model pembelajaran picture and picture didukung media realia dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya Terdapat banyak kesulitan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA dan harus membutuhkan model pembelajaran dan media yang tepat. Model pembelajaran Picture And Picture Didukung Media Realia berperan penting untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture And Picture tanpa didukung media realia dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture And Picture didukung media Realia terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air 2) Mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Picture And Picture tanpa didukung media realia dibanding pengunaan model pembelajaran Picture And Picture didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bangunmulyo I sebanyak 20 siswa dan siswa kelas V SDN Bangunmulyo II sebanyak 20 siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Picture And Picture tanpa didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air berdasarkan hasil uji t-test (th= 29,736 > tt1%= 2,539) 2) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Picture And Picture didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air berdasarkan hasil uji t-test (th= 28,008 > tt1%= 2,539) 3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture And Picture tanpa didukung media realia dibanding dengan model pembelajaran Picture And Picture didukung media realia tehadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air berdasarkan hasil uji t-test (th= 5,064 > tt1%= 2,429). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture And Picture tanpa didukung media realia dibanding dengan model pembelajaran Picture And Picture didukung media realia tehadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air. Disarankan model pembelajaran odel pembelajaran Picture And Picture didukung media realia dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran bagi guru

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI