perbandingan model pembelajaran Example Non Example dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran siswa kelas III SDN Ngadirejo tahun 2016 / 2017


Author (Penulis)

CANDRA AYU NURJANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0373

Abstract

ABSTRAK CANDRA AYU NURJANAH : Perbandingan Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Hasil Pengamatan Bahwa Gerak Benda Dipengaruhi Oleh Bentuk Dan Ukuran Pada Siswa Kelas III SDN Ngadirejo Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata kunci : Example Non Example, Problem Based Instruction (PBI), Pengamatan gerak benda dan ukuran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif oleh guru terutama pada pembelajaran IPA di sekolah dasar masih sangat rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran siswa kelas III SDN Ngadirejo Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran siswa kelas III SDN Ngadirejo Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Example Non Example dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran siswa kelas III SDN Ngadirejo Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Paired Samples Test dan Independent Samples Test dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Ngadirejo Kota Kediri. Adapun untuk analisis data dapat dibuktikan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5 % dan 1 %. Hasil analisis data uji hipotesis 1 pada taraf signifikan 5 % menunjukkan bahwa nilai t-hitung (10,977) > t-tabel (2,045), sedangkan analisis data yang dilakukan dengan taraf signifikan 1% menunjukkan bahwa nilai t-hitung (10,977) > t-tabel (2,756). Hasil analisis data uji hipotesis 2 pada taraf signifikan 5 % menunjukkan bahwa nilai t-hitung (10,906) > t-tabel (2,045), sedangkan analisis data yang dilakukan dengan taraf signifikan 1% menunjukkan bahwa nilai t-hitung (10,906) > t-tabel (2,756). Hasil analisis data uji hipotesis 3 pada taraf signifikan 5 % menunjukkan bahwa nilai t-hitung (5,435) > t-tabel (2,002), sedangkan analisis data yang dilakukan dengan taraf signifikan 1% menunjukkan bahwa nilai t-hitung (5,435) > t-tabel (2,663). Artinya ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan model pembelajaran Example Non Example dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran siswa kelas III SDN Ngadirejo Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI