PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA DAN MEDIA VISUAL CHART TERHADAP KEMAMPUAN MENDEMONSTRASIKAN PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG MEMPENGARUHINYA SISWA KELAS V SDN TAWING KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

ELINA TRI WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0371

Abstract

Abstrak Elina Tri Wulansari : Pengaruh penggunaan media visual chart dan media realia terhadap kemampuan mendemonstrasikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya siswa kelas V SDN Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPA di SD kelas V yang masih didominasi oleh peran guru. Banyak guru yang hanya berceramah di depan kelas dengan sebatang kapur tanpa menggunakan media pembelajaran. Akibatnya, guru kurang dapat memberikan deskripsi yang jelas mengenai materi yang diajarkan sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran selain itu pemahaman siswa terhadap materi tersebut juga sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh penggunaan media visual chart terhadap kemampuan mendemonstrasikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap kemampuan mendemonstrasikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya, (3) Mengetahui pengaruh penggunaan media visual chart dan media realia terhadap kemampuan mendemonstrasikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen Sequental Explanatory. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 66 siswa kelas V SDN Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji anova satu arah. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh penggunaan media visual chart terhadap kemampuan mendemonstrasikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya hal ini dibuktikan dengan tingginya F hitung = 10,49 > F tabel 5% = 3,16 dan rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat yaitu dari 62,5 menjadi 75. (2) Ada pengaruh penggunaan media realia terhadap kemampuan mendemonstrasikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya dengan rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dan F hitung = 10,49 > F tabel 5% = 3,16 dan rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat yaitu dari 57 menjadi 78. (3) Ada pengaruh penggunaan media visual chart dan realia terhadap kemampuan mendemonstrasikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya dengan rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dan F hitung = 10,49 > F tabel 5% = 3,16 dan rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat yaitu dari 61,50 menjadi 84. Dari ketiga perlakuan yaitu dengan menggunakan media realia, media visual chart, menggunakan media realia dan media visual chart yang paling unggul adalah menggunakan media realia dan media visual chart. Dengan demikian media realia dan media visual chart dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Kata kunci: media visual chart, media realia, mendemonstrasikan proses daur air.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI