PENGARUH MODEL MIND MAPPING DIDUKUNG METODE DISKUSI DAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN NGADIREJO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DUHITA SEPTI ARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0370

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sumber energi dan kegunaannya di SD masih berpusat pada guru.Hal tersebut mengakibatkan kemampuan siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Mind Mapping dengan didukung metode diskusi dan media kartu kata.Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model mind mapping didukung metode diskusi dan media kartu kata terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Ngadirejo II Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model mind mapping tanpa didukung metode diskusi dan media kartu kata terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Ngadirejo V Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya antara yang diberi model mind mapping didukung metode diskusi dan media kartu kata dibanding dengan yang diberi model mind mapping tanpa didukung metode diskusi dan media kartu kata siswa kelas III SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif.Subyek penelitian yaitu, siswa kelas III SDN Ngadirejo II dan V Kediri yang masing – masing berjumlah 34 siswa.Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu siswa kelas III SDN Ngadirejo V sebagai kelas kontrol sedangkan siswa kelas III SDN Ngadirejo II sebagai kelas eksperimendengan analisisuji-t menggunakanPaired Sample T-Test dan Independent T-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model mind mapping tanpa didukung metode diskusi dan media kartu kata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunanaanya pada siswa kelas III SDN Ngadirejo V hal ini terbukti dari nilai thitung (10,860) > ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. (2) Model mind mapping didukung metode diskusi dan media kartu kata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunanaanya pada siswa kelas III SDN Ngadirejo II, hal ini terbukti dari nilai thitung (11,768) > ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada perbedaan yang signifikan penggunaan model mind mapping didukung metode diskusi dan media kartu kata dibanding dengan yang diberimodel mind mapping tanpa didukung metode diskusi dan media kartu kata pada siswa kelas SDN Ngadirejo Kota KediriTahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dari nilai thitung (5,842) > ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%.Dengan keunggulan pada model mind mapping didukung metode diskusi dan media kartu kata, hal tersebut terbukti dari nilai rerata post-test pada penggunaan model mind mapping didukung metode diskusi dan media kartu kata adalah 76,47 sedangkan nilai rerata post-test pada pengguanan mind mapping tanpa didukung metode diskusi dan media kartu kata adalah 86,32. Dengan demikian 86,32> 76,47. Kata Kunci :Model Mind Mapping, metode diskusi, media kartu kata, Sumber Energi dan Kegunaannya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI