PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DIDUKUNG MEDIA CUTAWAY TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PEMBENTUKAN TANAH SERTA STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SDN MARON KAB. BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NORATIKA MUHADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0368

Abstract

Noratika Muhadi. Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Didukung Media Cutaway Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Pembentukan Tanah Serta Struktur Bumi Kelas V SDN Maron Kab. Blitar Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi tentang siswa yang kurang tertarik dan kurang fokus saat pelajaran IPA. Sehingga siswa tidak dapat menguasai materi yang berarti memiliki kemampuan rendah. Kondisi tersebut diduga faktor guru terutama dalam penerapan strategi yang kurang sesuai, yang mana guru cenderung berceramah, mendominasi kelas, menjadikan dirinya sebagai satu-satunya sumber belajar sebagai akibat siswa menjadi pasif, jenuh, bosan, tidak kreatif, menunggu, tidak responsif dan pada akhirnya hasil belajar rendah (dibawah KKM) dan siswa cenderung mudah melupakan materi yang baru saja dijelaskan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan menggunakan model pembelajaran take and give didukung media cutaway terhadap kemampuan mendeskripsikan pembentukan tanah serta struktur bumi kelas V SDN Maron Kab. Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. 2) Bagaimana kemampuan menggunakan model pembelajaran take and give tanpa didukung media cutaway terhadap kemampuan mendeskripsikan pembentukan tanah serta struktur bumi kelas V SDN Maron Kab. Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. 3) Adakah pengaruh model pembelajaran take and give didukung media cutaway terhadap kemampuan mendeskripsikan pembentukan tanah serta struktur bumi siswa kelas V SDN Maron Kab. Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian siswa kelas V SDN Maron Kab. Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan siswa dalam menggunakan model pembelajaran take and give didukung media cutaway terhadap kemampuan mendeskripsikan pembentukan tanah serta struktur bumi kelas V SDN Maron Kab. Blitar Tahun Ajaran 2016/2017, mampu meningkatkan hasil belajar. 2) Kemampuan siswa dalam menggunakan model pembelajaran take and give tanpa didukung media cutaway terhadap kemampuan mendeskripsikan pembentukan tanah serta struktur bumi kelas V SDN Maron Kab. Blitar Tahun Ajaran 2016/2017, kurang mampu meningkatkan hasil belajar. 3) Ada pengaruh pembelajaran model take and give didukung media cutaway terhadap kemampuan mendeskripsikan pembentukan tanah serta struktur bumi siswa kelas V SDN Maron Kab. Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan taraf signifikan sig. (2-tailed), hal ini dapat dilihat dari nilai sig. (2-tailed) = 0,000 <0,05. Kata Kunci: Model Pembelajaran Take and Give, media cutaway, kemampuan mendeskripsikan pembentukan tanah serta struktur bumi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI