Pengaruh model pembelajaran CIRC ( Cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat kelas IV sdn gador 2 kecamatan durenan kabupaten trenggalek tahun ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

ZUHRUFUN DIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0367

Abstract

ABSTRAK Zuhrufun Diana: Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Suatu Pengumuman Dengan Lafal Dan Intonasi Yang Tepat Kelas IV SDN 2 Gador Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Model CIRC, pengaruh, kemampuan membaca nyaring. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang mampunya siswa dalam kemampuan membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat. Hal ini dikarenakan guru kurang mampu memilih model yang sesuai dengan materi pembelajaran kemampuan membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian menggunakan model CIRC dengan tujuan siswa mampu dalam menjelaskan kemampuan membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana kemampuan memahami membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas IV SDN 2 Gador Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat dengan menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas IV SDN 2 Gador Tahun Ajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat siswa kelas IV SDN 2 Gador Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Non Equivalent Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV di SDN 2 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda dan uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis pengolahan data yang menggunakan uji-t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam materi membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat siswa kelas IV SDN 2 Gador Kecamatan Durenan Tahun Ajaran 2016/2017 tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) belum mencapai nilai KKM, terbukti nilai rata-rata sebesar 73,57 < KKM 75. (2) Kemampuan siswa dalam materi membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat siswa kelas IV SDN 2 Gador Kecamatan Durenan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) telah mencapai nilai KKM, terbukti dengan nilai rata-rata sebesar 82,00 > KKM 75. (3) Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat siswa kelas IV SDN 2 Gador Kecamatan DurenanTahun Ajaran 2016/2017, terbukti dengan hasil sig 2 tailed 0,002 < 0,05.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI