PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIK PADA MATERI JENIS-JENIS TANAH SISWA KELAS V SDN SUKORAME 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

TRIA NADIA LUTFIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0366

Abstract

ABSTRAK TRIA NADIA LUTFIANA: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Realistik Pada Materi Jenis-jenis Tanah Siswa Kelas V SDN Sukorame 1 Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPA di SD kelas V yang hanya menggunakan metode ceramah dan belum maksimal dalam penggunaan media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah menyebabkan siswa sulit mengimajinasikan atau menggambarkan materi yang bersifat abstrak. Kesulitan siswa ini berdampak pada pemahaman materi yang disampaikan dan hasil belajar yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis realistik pada materi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Sukorame 1 Kota Kediri (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis realistik jika dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan materi jenis-jenis tanah siswa kelas V SDN Sukorame 1 Kota Kediri. (1) Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode reseach and development (R&D) dengan lima tahapan, yakni: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Tes Evaluasi. Sumber data validasi materi dan media pembelajaran adalah dosen ahli materi dan dosen ahli media dari Universitas Nusantara PGRI Kediri, sumber data validasi praktisi adalah guru mata pelajaran IPA , dan siswa kelas V SDN Pule 2 Kabupaten Kediri sebanyak 15 siswa sebagai kelas uji coba terbatas dan SDN Sukorame 1 Kota Kediri sebanyak 30 siswa sebagai kelas uji coba luas. (2) Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran Berbasis Realistik pada materi Jenis-jenis Tanah memperoleh tingkat kevalidan pada uji kevalidan dari validasi ahli materi dan ahli media sebesar 81,5% (valid digunakan). Sedangkan pada hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari ahli praktisi dan angket respon siswa sebesar 82,15% (dapat digunakan tanpa revisi). Sedangkan hasil uji keefektifan media yang diperoleh dari hasil belajar siswa pada uji coba terbatas melalui uji t Independent Samples Test dengan hasil t hitung 3,327 > t tabel 2,0484, karena t hitung > t tabel maka ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis realistik pada materi jenis-jenis tanah siswa kelas V SDN Pule 2. Pada uji coba luas melalui uji t Independent Samples Test dengan hasil t hitung 6,136 > t tabel 2,0017, karena t hitung > t tabel maka ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis realistik pada materi jenis-jenis tanahsiswa kelas V SDN Sukorame 1. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran Berbasis Realistik pada Materi Jenis-jenis Tanah siswa kelas V merupakan media pembelajaran yang mempunyai kualitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Media Pembelajaran Berbasis Realistik, Jenis-jenis Tanah ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI