PENGARUH MODEL THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANYA PADA SISWA KELAS III SDN NGAMPEL 3


Author (Penulis)

EKO WAHYU PUJI SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0365

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya hasil belajar siswa masih rendah dan belum sesuai dengan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan sekolah. Hal ini terlihat dari 54,5% belum mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA kelas 3, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dimana guru lebih banyak menjelaskan, memberikan contoh soal dan kemudian siswa mencatat dan mendengarkan, sehingga kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

 Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui 1) Penguasaan materi kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya menggunakan model Think-Talk-Write 2) Penguasaan materi kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya menggunakan model Course Review Horay  3) membuktikan adanya  perbedaan pengaruh model pembelajaran Think-Talk-Write dan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Pretest-posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas III SDN Ngampel 3 kediri sejumlah 35 siswa dan sebagai kelompok pembanding (kontrol) adalah siswa kelas III SDN Ngampel 2 Kediri sejumlah 33 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) ada pengaruh model pembelajaran Think-Talk-Write terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya,  dengan nilai thitung 49,152 > 2,035 t-tabel. (2) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap mengidentifikasi sumber energi dan kegunanya dengan nilai thitung 17,126 > 2,037 ttabel (3) ada perbedaan pengaruh penggunaan model Think-Talk-Write dan model Pembelajran Course Review Horay terhadap mengidentifikasi sumber energi dan kegunanya dengan nilai thitung 4,158 > 1,997 ttabel

Berdasarkan simpulan hasil penlitian ini, direkomendasikan untuk guru dalam mengajar sebaiknya menngunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar seperti model pembelajaran Think-Talk-Write dan model pembelajaran Course Review Horay.

 

KATA KUNCI: think-talk-write; course review horay dan  identifikasi energi


Keyword

MODEL THINK-TALK-WRITE

Reference

Arikunto, S. 2010. Prosedur Pe-nelitian.  Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pen-didikan. Bandung: Alfabeta.

Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik           Indonesia. (Online), tersedia: http://www.jdih.bpk.go.id., diunduh 19 Mei 2016.

Badan Standar Nasional Pendidikan tahun 2006 tentang Pengembangan kurikulum Tahun Jaran 2006. (Online), tersedia: http://bsnp-ondonesia.org., diunduh 27 Juni 2016.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade