PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DIDUKUNG MEDIA ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN DAN MENGURNGKAN BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN NGADIREJO II TAHUN PELAJARAN 2017
Author (Penulis)
EXVA LISTIANA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0363
Abstract
Exva Listiana Putri. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Didukung Media Origami terhadap Kemampuan Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Ngadirejo II Tahun Pelajaran 2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi tentang siswa yang kurang tertarik dengan pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru. Siswa masih kebingungan dengan cara menghitung pecahan yang benar. Sehingga banyak siswa yang kesulitan untuk menghitung pecahan. Masih banyak siswa yang nilainya masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM yang ditetapkan pada mata pelajaran matematika adalah 70.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan menggunakan model pembelajaran Talking Stick didukung media origami pada kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017? 2) Bagaimana kemampuan menggunakan model pembelajaran Talking Stick tanpa didukung media origami pada kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran Talking Stick didukung media origami terhadap kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan siswa kelas IV SDN Ngadirejo II Tahun Pelajaran 2017?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017. Teknik pengumpulan pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick didukung media origami pada kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017, mampu meningkatkan hasil belajar. 2) Kemampuan siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick tanpa didukung media origami pada kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017, kurang mampu meningkatkan hasil belajar. 3) Ada pengaruh pembelajaran model talking stick didukung media origami terhadap kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan siswa kelas IV SDN Ngadirejo II Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017. Dengan taraf signifikan sig. (2-tailed), hal ini dapat dilihat dari nilai sig. (2-tailed) = 0,000 <0,05.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, media origami, kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan pecahan