PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DIDUKUNG MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PENGAMATAN BAHWA GERAK BENDA DAPAT DIPENGARUHI OLEH BENTUK DAN UKURAN PADA SISWA KELAS III SDN SAMBI 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NUNGKY SETYO AMBARWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0361

Abstract

ABSTRAK Nungky Setyo Ambarwati: PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DIDUKUNG MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PENGAMATAN BAHWA GERAK BENDA DAPAT DIPENGARUHI OLEH BENTUK DAN UKURAN PADA SISWA KELAS III SDN SAMBI 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP KEDIRI Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD menuntut siswa untuk menghafal materi yang diberikan. Sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang diminati oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh penggunaan model Quantum Teaching didukung media 3 dimensi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran (2) Ada tidaknya pengaruh penggunaan model Quantum Teaching tanpa didukung media 3 dimensi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran (3) Ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan model Quantum Teaching didukung media 3 dimensi dengan model Quantum Teaching tanpa didukung media 3 dimensi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Sambi 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized Contro Group Pretest-Postest. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III-A dan III-B SDN Sambi 1 . Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji-t Paired Sample Test, sedangkan untuk hipotesis 3 menggunakan uji-t Independent sample t test. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar test berupa soal pilihan ganda, dan lembar pedoman observasi l. Untuk menganalisis data ini peneliti menggunakan program SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Quantum Teaching didukung media 3 dimensi sangat berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran, hal ini terbukti dari nilai thitung (13,173) > ttabel (2,979) pada taraf signifikansi 1%. (2) Penggunaan model Quantum Teaching tanpa didukung media 3 dimensi berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran, hal ini terbukti dari nilai thitung (9,295) > ttabel (2,979) pada taraf signifikansi 1%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan model Quantum Teaching didukung media 3 dimensi dibanding penggunaan model Quantum Teaching tanpa didukung media 3 dimensi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Sambi 1. Hal ini terbukti dari nilai thitung (6,157) > ttabel (2,704) pada taraf signifikansi 1%. Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Media 3 dimensi.

Keyword

MODEL QUANTUM TEACHING, MEDIA 3 DIMENSI

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade