PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DIDUKUNG MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PENGAMATAN BAHWA GERAK BENDA DAPAT DIPENGARUHI OLEH BENTUK DAN UKURAN PADA SISWA KELAS III SDN SAMBI 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
NUNGKY SETYO AMBARWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0361
Abstract
ABSTRAK
Nungky Setyo Ambarwati: PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING
DIDUKUNG MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN
MENYIMPULKAN HASIL PENGAMATAN BAHWA GERAK BENDA DAPAT
DIPENGARUHI OLEH BENTUK DAN UKURAN PADA SISWA KELAS III
SDN SAMBI 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN
PELAJARAN 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP KEDIRI
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD
menuntut siswa untuk menghafal materi yang diberikan. Sehingga pembelajaran yang
berlangsung kurang diminati oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
Ada tidaknya pengaruh penggunaan model Quantum Teaching didukung media 3
dimensi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda
dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran (2) Ada tidaknya pengaruh penggunaan
model Quantum Teaching tanpa didukung media 3 dimensi terhadap kemampuan
menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan
ukuran (3) Ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan model Quantum Teaching
didukung media 3 dimensi dengan model Quantum Teaching tanpa didukung media 3
dimensi terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda
dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Sambi 1
Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode
eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized Contro Group
Pretest-Postest. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III-A dan III-B SDN Sambi 1 .
Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji-t Paired Sample Test, sedangkan untuk
hipotesis 3 menggunakan uji-t Independent sample t test. Instrumen yang digunakan
adalah perangkat pembelajaran, lembar test berupa soal pilihan ganda, dan lembar
pedoman observasi l. Untuk menganalisis data ini peneliti menggunakan program SPSS
16 for windows.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:
(1) Penggunaan model Quantum Teaching didukung media 3 dimensi sangat
berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan
bahwa gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran, hal ini terbukti dari nilai
thitung (13,173) > ttabel (2,979) pada taraf signifikansi 1%. (2) Penggunaan model
Quantum Teaching tanpa didukung media 3 dimensi berpengaruh sangat signifikan
terhadap kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat
dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran, hal ini terbukti dari nilai thitung (9,295) > ttabel
(2,979) pada taraf signifikansi 1%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan
penggunaan model Quantum Teaching didukung media 3 dimensi dibanding
penggunaan model Quantum Teaching tanpa didukung media 3 dimensi terhadap
kemampuan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dapat dipengaruhi
oleh bentuk dan ukuran pada siswa kelas III SDN Sambi 1. Hal ini terbukti dari nilai
thitung (6,157) > ttabel (2,704) pada taraf signifikansi 1%.
Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Media 3 dimensi.