PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI SERTA PENGALAMAN PENGGUNAANNYA DI KELAS 4 SDN SAMBIRESIK KECAMATAN GAMPENG REJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LUTFIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0359

Abstract

Abstrak Lutfiyanti : Pengaruh metode pembelajaran problem solving didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaanya kelas IV SDN Sambiresik kecamatan Gampengrejo tahun ajaran 2016/2017, Skripsi,PGSD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : Motode pembelajaran problem solving , perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian dan pengamatan bahwa pembelajaran pendidikan di SD siswa hanya menerima materi yang disampaikan karena media yang digunakan tidak ada. Upaya mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran dan media yang tepat digunakan yaitu metode problem solving dengan didukung media audio visual. Peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah Metode Problem solving didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaanya kelas IV SDN Sambiresik kecamatan Gampengrejo tahun ajaran 2016/2017? (2) Apakah Metode Problem Solving tanpa didukung media audio visual berpengaruh terhadap mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaanya kelas IV SDN Sambiresik kecamatan Gampengrejo tahun ajaran 2016/2017? (3)Adakah perbedaan pemahaman siswa pada materi mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaanya kelas IV SDN Sambiresik kecamatan Gampengrejo tahun ajaran 2016/2017 antara yang diberi pembelajaran metode problem solving didukung media audio visual dan yang diberi pembelajaran dengan metode problem solving tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Sambiresik Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri tahun 2016/2017?. Simpulan hasil penelitian adalah (1) Metode Problem Solving didukung media audio visual berpengaruh signifikan terhadap mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaanya kelas IV SDN Sambiresik kecamatan Gampengrejo tahun ajaran 2016/2017 dengan ketuntasan klasikal 27% terbukti dengan tingginya thitung (10,406) > ttabel 1% (2,473). (2) Metode Problem Solving tanpa didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaanya kelas IV SDN Sambiresik kecamatan Gampengrejo tahun ajaran 2016/2017 dengan ketuntasan klasikal 21%,terbukti dengan tingginya (5,076) > 1% (2,518). (3) Terdapat Perbedaan Penerapan Metode Problem Solving didukung media audio visual dibanding Metode Problem Solving tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman penggunaanya kelas IV SDN Sambiresik kecamatan Gampengrejo tahun ajaran 2016/2017 dengan ketuntasan klasikal 48% pada Metode Problem Solving didukung media audio visual,terbukti dari ttabel 1% (2,407) dengan kelompok experimen 90,3571 > kelompok kontrol 84,0909.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI