PENGARUH MODEL TALKING STICK DIDUKUNG METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KENAMPAKAN MATAHARI PADA PAGI, SIANG DAN SORE HARI SISWA KELAS II SDN SAMBIRESIK KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

AYUK AYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0357

Abstract

Abstrak Ayuk Ayuni: Pengaruh model talking stick didukung metode demonstrasi dan media tiga dimensi terhadap kemampuan mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari siswa kelas II SDN Sambiresik Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Model talking stick, metode demonstrasi, media tiga dimensi, kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari. Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian dan pengamatan di lapangan bahwa ditemukan beberapa guru SD yang jarang menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar khususnya pada pelajaran IPA. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan model talking stick didukung metode demonstrasi dan media tiga dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pengaruh model talking stick didukungmetode demonstrasi dan media tiga dimensi dibanding model talking stick tanpa didukungmetode demonstrasi dan media tiga dimensi terhadap kemampuan mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari siswa kelas II SDN Sambiresik Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental Design, dari bentuk penelitian Quasi Experimental Design peneliti menggunakan teknik desain Nonequivalent Control Group Design yang populasinya adalah siswa kelas II dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas II B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontroldan kelas II A berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dengan total keseluruhan 46 siswa. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas , dan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran talking stick didukung metode demonstrasi dan media tiga dimensiberpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari siswa kelas II SDN Sambiresik Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (6,902) > ttabel 1% (2,518). (2) Model pembelajaran talking sticktanpa didukung metode demonstrasi dan media tiga dimensiberpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari siswa kelas II SDN Sambiresik Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (15,357) > ttabel 1% (2,500). (3) Terdapat Perbedaan pengaruh model pembelajaran talking stick didukung metode demonstrasi dan media tiga dimensi dibanding model pembelajaran talking stick tanpa didukung metode demonstrasi dan media tiga dimensi terhadap kemampuan mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari siswa kelas II SDN Sambiresik Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dari hasil uji t dengan menggunakan independent sample test-tdidapat thitung (2,628) > ttabel 5% (1,680).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI