ANALISIS MISKONSEPSI BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN MRICAN 1 DAN SDN MRICAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
MERY PANCA INDRA LUPITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0355
Abstract
ABSTRAK
MERY PANCA INDRA LUPITA: Analisis Miskonsepsi Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN Mrican 1 dan SDN Mrican 2 Kota Kediri, Skripsi, PGSD. FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Permasalahan Penelitian ini adalah (1) Adakah Miskonsepsi Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN Mrican 1 dan SDN Mrican 2 Kota Kediri? (2) Bagaimana Deskipsi Kesalahan Konsep Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN Mrican 1 dan SDN Mrican 2 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan subyek penelitian adalah buku paket IPA yang digunakan di SDN Mrican 1 dan SDN Mrican 2 Kota Kediri. Prosedur Penelitian yang dilakukan, (1) Inventaris bahan ajar IPA dari Sekolah Dasar Negeri Mrican 1 dan Sekolah Dasar Negeri Mrican 2 di Kota Kediri, (2) Analisis Kesalahan Konsep pada Bahan Ajar IPA, (3) Pemilahan dan Spesifikasi data, (4) Pengelolahan dan Analisis data. Penelitian ini menganalisis kesalahan konsep serta berusaha memperbaiki penyajian konten buku ajar ilmu pengetahuan alam yang digunakan di SDN Mrican 1 dan SDN Mrican 2 di Kota Kediri. Kesalahan penyajian konten buku teks IPA dalam hal ini adalah kesalahan berdasarkan konsep dari Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas V Sekolah Dasar. Kesalahan yang berkaitan dengan konsep meliputi: (1) kesalahan mendefinisikan konsep, (2) Penggunaan ilustrasi atau gambar yang kurang sesuai dengan konsep, (3) Uraian materi yang tidak sesuai dengan sub judul, (4) Ketidaklengkapan memberikan syarat atau semesta pembicaraan atau definisi. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah melalui analisis miskonsepsi yang di lakukan diperoleh bahwa masih terdapat kesalahan konsep pada buku ajar ilmu pengetahuan alam kelas V di SDN Mrican 1 dan SDN Mrican 2 di Kota Kediri, yaitu: (1) kesalahan mendefinisikan konsep sebanyak 5 kesalahan, (2) kesalahan dalam menggunakan ilustrasi atau gambar yang kurang sesuai sebanyak 3 kesalahan, (3) Uraian materi yang tidak sesuai dengan sub judul sebanyak 1 kesalahan (4) Ketidaklengkapan memberikan syarat atau semesta pembicaraan atau definisi sebanyak 7 kesalahan.
Kata Kunci: Analisis Miskonsepsi, Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam