PENGARUH MODEL MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V MI RAUDLATUT THOLABAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SITI MUALIMATUL MUDAWAMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0352

Abstract

ABSTRAK Siti Mualimatul Mudawamah: pengaruh model Mind mapping didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Raudhatut Tholabah Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : model mind mapping, media banda nyata, sifat-sifat bangun datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara pada pelajaran matematika yang masih monoton. Guru masih menggunakan metode ceramah dan hafalan, media pembelajaran yang digunakan hanya yang ada pada buku siswa, hal ini membuat siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered) sehingga membuat siswa mudah merasa bosan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengunakan model pembelajaran mind mapping da media benda nyata. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model direct intruction terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui pengaruh model Mind Mapping didukung Media Benda Nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran direct intruction dengan model Mind Mapping didukung Media Benda Nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental design serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Raudhatut Tholabah sejumlah 51 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskritif dan analisis infersial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% serta menggunakan program SPSS. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan perbedaan pengaruh model direct intruction dengan model pembelajaran Mind mapping didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat–sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Raudhotut Tholabah Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017, hal ini terlihat dari uji-t independent dimana t hitung -3,492 > t tabel 2.009 dan nilai signifikasi 0.001 lebih kecil daripada 0.05. Nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas kontrol sebesar 77,31 dan posttest kelas eksperimen sebesar 82,00.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI