PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN MEGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SDN NGADIREJO KEDIRI
Author (Penulis)
KARLINA SURYANINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0351
Abstract
ABSTRAK
Karlina Suryaningtyas: Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dan Media Wayang Ter-
hadap Kemampuan Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo Kediri,
Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS di SD ke-
las III yang menggunakan metode ceramah secara terus menerus.. Hal ini menyebabkan siswa
kurang aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang seperti ini terasa tidak me-
nyenangkan bagi siswa, sehingga pembelajaran IPS menjadi kurang bermakna yang berakibat
materi pembelajaran mudah dilupakan oleh siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran
scramble terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo
Kediri ? (2) Bagaimana pengaruh media wayang terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis
pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri? (3) Bagaimana pengaruh model pembelaja-
ran scramble dan media wayang terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada
siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri?.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain penelitian
sequental explanatory yang menggunakan bentuk penelitian dua variabel bebas dan satu
variabel terikat. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SDN Ngadirejo 5 sebagai kelas
kontrol, siswa kelas III SDN Ngadirejo 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas III SDN
Ngadirejo 3 sebagai kelas eksperimen 2.
Berdasarkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan anova satu jalur didapatkan
Fhitung 17,45 > Ftabel = 3,59, sehingga Ho ditolak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)
Model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis
pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri. (2) Media wayang berpengaruh terhadap
kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri. (3)Model
pembelajaran scramble dan media wayang berpengaruh terhadap kemampuan mengenal
jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri. Dengan demikian model
pembelajaran scramble dan media wayang dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan
pembelajaran.