PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN MEGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SDN NGADIREJO KEDIRI


Author (Penulis)

KARLINA SURYANINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0351

Abstract

ABSTRAK Karlina Suryaningtyas: Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dan Media Wayang Ter- hadap Kemampuan Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS di SD ke- las III yang menggunakan metode ceramah secara terus menerus.. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang seperti ini terasa tidak me- nyenangkan bagi siswa, sehingga pembelajaran IPS menjadi kurang bermakna yang berakibat materi pembelajaran mudah dilupakan oleh siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri ? (2) Bagaimana pengaruh media wayang terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri? (3) Bagaimana pengaruh model pembelaja- ran scramble dan media wayang terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain penelitian sequental explanatory yang menggunakan bentuk penelitian dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SDN Ngadirejo 5 sebagai kelas kontrol, siswa kelas III SDN Ngadirejo 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas III SDN Ngadirejo 3 sebagai kelas eksperimen 2. Berdasarkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan anova satu jalur didapatkan Fhitung 17,45 > Ftabel = 3,59, sehingga Ho ditolak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri. (2) Media wayang berpengaruh terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri. (3)Model pembelajaran scramble dan media wayang berpengaruh terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Ngadirejo Kediri. Dengan demikian model pembelajaran scramble dan media wayang dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI