PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDI NU SEKARAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
RETNO KINASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0347
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti pada proses pembelajaran matematika di SD kelas V. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran Matematika khususnya materi sifat-sifat bangun datar masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. sehingga siswa lebih banyak pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat salah satunya adalah model Course Review Horay.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Course Review Horay terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V-A SDI NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Examples Non Examples terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V-B SDI NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) Untuk mengungkapkan adanya perbedaan pengaruh model Course Review Horay dibanding model Examples non Examples terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDI NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design (nonequivalent control group design) menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDI NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model Course Review Horay terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar hal ini terbukti dengan harga t hitung 12,921 ? t tabel 2,086 dengan taraf signifikan 5%. (2) Ada pengaruh model Examples Non Examples terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar hal ini terbukti dengan harga t hitung 3,990 ? t tabel 2,086 dengan taraf signifikan 5%. (3) Ada perbedaan pengaruh model Course Review Horay dibanding model Examples non Examples terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDI NU Sekaran, dengan keunggulan pada penggunaan model Course Review Horay.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi guru agar memilih model pembelajaran yang tepat salah satunya yaitu model Course Review Horay yang terbukti berhasil meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar.
Kata Kunci: Model Course Review Horay, model Examples Non Examples, kemampuan mengidentifikasi, sifat-sifat bangun datar.