PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PENTINGNYA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS 5 DI SDN DERMO 2 KEDIRI


Author (Penulis)

LULUK MUNIROTUL MUHTAROMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0344

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti,bahwa pembelajaran yang dilaksanakan sebagian besar masih berpusat pada guru (teacher center). Penggunaan metode ceramah yang tidak variatif sering dilaksanakan dalam setiap pembelajaran, sehingga aktifitas selalu didominasi oleh guru. Bertolak dari keadaan tersebut maka peneliti menggunakan model Problem Solving pada pembelajaran PKN dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan siswa dalam menjelaskan pentingnya keutuhan NKRI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelum menggunakan model Problem Solving didukung media video pada siswa kelas V di SDN Dermo 2 Kota Kediri?, (2) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesudah menggunakan model Problem Solving didukung media video pada siswa kelas V di SDN Dermo 2 Kota Kediri?, (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Problem Solvingdidukung media video terhadap kemampuan menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas V di SDN Dermo 2 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian One GroupPretest-Posttest Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas V SDN Dermo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas yaitu kelas V dengan menggunakan model Problem Solving didukung media video. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:(1) Kemampuan menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelum menggunakan model Problem Solving didukung media video pada siswa kelas V di SDN Dermo 2 Kediri dengan rata – rata nilai 37,74 dan frekuensi tertinggi berada pada rentang nilai 26-35 lebih rendah dibandingkan dengan kemampuan menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesudah menggunakan model Problem Solving didukung media video pada siswa kelas V di SDN Dermo 2 Kota Kediri.(2) Kemampuan menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesudah menggunakan model Problem Solving didukung media video pada siswa kelas V di SDN Dermo 2 Kediri dengan frekuensi tertinggi berada pada rentang nilai 76-85 dan rata – rata nilainya 82,02 lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelum menggunakan model Problem Solving didukung media video pada siswa kelas V di SDN Dermo 2 Kota Kediri.(3)Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solvingdidukung media video terhadap kemampuan menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas V di SDN Dermo 2 Kediri. Berdasarkan pengujian hipotesis 3 diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 17,240. sedangkan harga t-tabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 1,989.Sehingga dapat ditentukan bahwa th>tt pada taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak yang berarti Hipotesis kerja (Ha) yang diajukan terbukti benar dan dapat diterima. KATA KUNCI : model Problem Solving, media Video, Kemampuan Menjelaskan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI