Pengaruh Media 3D di Dukung Model Pembelajaran Cooperative Script dan Metode Guided Note Taking Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Peninggalan Benda - Benda Jaman Sejarah Yang Ada di Indonesia Siswa Kelas V SDN Kalirong II Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

LUKY SISWIANANTO ADITIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0342

Abstract

ABSTRAK Luky Siswiananto Aditiawan: Pengaruh Media 3D Didukung Model Cooperative Script dan metode Guided Note Taking Terhadap kemampuan mengidentifikasi peninggalan benda-benda jaman sejarah di indonesiaSiswa Kelas V SDN Kalirong 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018. Kata Kunci : Model Cooperative Script, Media 3D, Metode Guided Note Taking. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SDN Kalirong siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru tidakmenggunakan model dengan media serta metode pembelajaran yang tepat. Akibatnya kemampuan belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan media serta metode pembelajaran yang tepat. Dengan tujuan penelitian mencari perbandingan nilai kelas kontrol dan eksperimen (1) media 3D didukung modelCooperative Script serta metode Guided Note Taking berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi peninggalan benda-benda jaman sejarah di indonesia pada siswa kelas V SDN Kalirong Kecamatan Tarokan Kab. Kediri? (2) Apakah model Cooperative Script serta metode Guided Note Taking tanpa media 3D berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi peninggalan benda-benda jaman sejarah di indonesia pada siswa kelas V SDN Kalirong Kecamatan Tarokan Kab. Kediri? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi peninggalan benda-benda jaman sejarah di indonesia siswa kelas V SDN Kalirong Kecamatan Tarokan Kab.Kediri menggunakan model Cooperative Script didukung media 3D serta metode Guided Note Taking dibanding menggunakan model Cooperative Script serta metode Guided Note Taking tanpa media 3D Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Kalirong 1 dan 2 kelas V (kelompok kontrol) dan kelas V (kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t-test. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Cooperative Script didukung media 3D serta metode Guided Note Taking berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi peninggalan benda-benda jaman sejarah di indonesia hal ini terbukti dengan tingginya nilai t-hitung (0.503) > ttabel 5% (12,02). (2) Penggunaan model Cooperative Script didukung metode Guided Note Taking berpengaruh terhadap terhadap kemampuan mengidentifikasi peninggalan benda-benda jaman sejarah di indonesia siswa kelas V SDN Kalirong Kecamatan Tarokan Kab.Kedirikemampuan mengidentifikasi peninggalan benda-benda jaman sejarah di indonesia t-hitung (44.121) > ttabel 5% (2,012). (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model Cooperative Script didukung media 3D serta metode Guided Note Taking dibanding model Cooperative Script didukung metode Guided Note Taking terhadap kemampuan mengidentifikasi peninggalan benda-benda jaman sejarah di indonesia pada siswa kelas V SDN Kalirong Kab. Kediri dengan keunggulan pada model Cooperative Script didukung media 3D serta metode Guided Note Taking. Hal ini terbukti dari nilai t-hitung (4,185) > t-tabel 5% (2,012).

Keyword

Media 3D, Model Pembelajaran Cooperative Script, Metode Guided Note Taking

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade