Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Menjelaskan Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa Kelas III SDN Penjor Kabupaten Tulungagung tahun 2017/2018


Author (Penulis)

IKA MENSI DIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0340

Abstract

ABSTRAK Ika Mensi Diana: Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Menjelaskan Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa Kelas III SDN Penjor Kabupaten Tulungagung tahun 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2017. KATA KUNCI : Model student facilitator and explaining, menjelaskan sumber enegi dan kegunaannya Proses belajar dan pembelajaran yang aktif merupakan hal penting untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan. Salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Bertolak dari keadaan tersebut maka penelitian ini mencoba menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan menjelaskan sumber energi dan kegunaannya. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan menjelaskan sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Penjor Kabupaten Tulungagung? Adakah pengaruh pengajaran konvensional/ceramah terhadap kemampuan menjelaskan sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Penjor Kabupaten Tulungagung (2) Adakah pengaruh pengajaran konvensional/ceramah terhadap kemampuan menjelaskan sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Penjor Kabupaten Tulungagung? (3) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining dibandingkan pengajaran konvensional/ceramah terhadap kemampuan menjelaskan sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Penjor Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimental Design Penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu Posttest-Only Control Design. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model student facilitator and expaining dibandingkan pengajaran konvensional/ceramah terhadap kemampuan menjelaskan sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Penjor Kabupaten Tulungagung dilihat dari hasil jilai posttest siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI