PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI PANAS, LISTRIK, CAHAYA DAN BUNYI YANG ADA DI LINGKUNGAN SEKITARNYA PADA SISWA KELAS II SDN SAMBI I KEC. RINGINREJO KAB. KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
IKKA AVILIA AYU LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0338
Abstract
ABSTRAK
IKKA AVILIA AYU LESTARI: Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi Panas, Listrik, Cahaya dan Bunyi Yang Ada Dilingkungan Sekitarnya Pada Siswa Kelas II SDN Sambi I Kec.Ringinrejo Kab.Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil pengamatan kegiatan pembelajaran di kelas II SDN Sambi I Kec.Ringinrejo Kab.Kediri, bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung guru masih cenderung menggunakan metode ceramah tanpa didukung dengan model ataupun metode pembelajaran yang lain. Akibatnya pembelajaran menjadi monoton dan siswa merasa bosan pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran, sehingga siswa kurang memahami materi yang sudah diterangkan oleh guru.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi panas, listrik, cahaya, dan bunyi yang ada di lingkungan sekitarnya pada kelas II SDN Sambi I Kec.Ringinrejo Kab.Kediri tahun pelajaran 2016/2017, (2) Untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi panas, listrik, cahaya, dan bunyi yang ada di lingkungan sekitarnya pada kelas II SDN Sambi I Kec.Ringinrejo Kab.Kediri tahun pelajaran 2016/2017, (3) Untuk membuktikan adanya perbedaan penggunaan model pembelajaran scramble didukung media audio visual dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran scramble tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi panas, listrik, cahaya, dan bunyi yang ada di lingkungan sekitarnya pada kelas II SDN Sambi I Kec.Ringinrejo Kab.Kediri tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas II A dan kelas II B yang diajar dengan model pembelajaran scramble didukung media audio visual dan model pembelajaran scramble tanpa didukung media audio visual di SDN Sambi I Kec.Ringinrejo Kab.Kediri.
Adapun untuk analisis data dapat dibuktikan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa nilai t-hitung (2,853) > t-tabel 5% (2,042) dengan df 34, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble didukung media audio visual berpengaruh secara signifikan dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran scramble tanpa didukung media audio visual.
Kata Kunci: scramble, Audio Visual, mengidentifikasi sumber energi.