PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA KEADAAN AWAN DAN CUACA SISWA KELAS III SDN BANGSONGAN II TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
BENI SASMITO SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0335
Abstract
ABSTRAK
Beni Sasmito Sari: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Reviw Horay Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Keadaan awan Dan Cuaca pada Siswa Kelas III SDN Bangsongan II Tahun 2016/2017. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Cuorse Review Horay, kemampuan, menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
Pembelajaran yang masih digunakan oleh sebagian besar guru didominasi dengan model konvensional. Model konvensional ini pada umumnya menggunakan ceramah yang berpusat pada guru ketika pembelajaran. Penggunaan model konvensional ini berdampak rendahnya kemampuan siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini karena siswa tidak diajak, dibimbing, atau didorong untuk berpikir, mencari, menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap kemampuan siswa menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca pada siswa kelas III di SDN Bangsongan II? (2) Adakah pengaruh pengajaran konvensional/ceramah terhadap kemampuan siswa menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca pada siswa kelas III di SDN Bangsongan II? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara model pembelajaraan kooperatif tipe Course Review Horay dengan pengajaran konvensional/ceramah terhadap kemampuan siswa menjelaskan hubungan anatara keadaan awan dan cuaca pada siswa kelas III di SDN Bangsongan II?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design (noneequivalent control group design) menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Bangsongan II.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh kemampuan siswa kelas III-A SDN Bangsongan II dalam menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 ? 0,005. (2) Ada pengaruh kemampuan siswa kelas III-B SDN Bangsongan II dalam menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca menggunakan pengajaran konvensional/ceramah. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 ? 0,005. (3) Terdapat perbedaan pengaruh kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan yang menggunakan pengajaran konvensional/ceramah pada siswa kelas III SDN Bangsongan II.